Tips Mendapat IPK 4.00 atau Cumlaude

AyoBuka.com – Bagi kamu yang masih kuliah semua pasti ingin memiliki IPK (indeks prestasi kumulatif) yang tinggi kan, IPK yang tinggi merupakan salah satu nilai tawar yang sangat tinggi saat mengajukan kerja. Karena umumnya perusahaan membatasi pelamar kerja dari IP yang dimilikinya biasanya minimal 2.75, 3.00, 3.20 atau bahkan 3.50. Apalagi jika IPK kamu mencapai 3.75 sampai 4.00 maka pasti semua perusahaan tidak akan melewatkan CV kamu begitu saja, minimal mempelajari latar belakang kamu lebih dalam dibanding pelamar lainnya.

Tips Mendapat IPK Cumlaude

mendapatkan IPK cumlaude adalah impian semua mahasiswa

Asyik banget kan mendapat perlakuan istimewa karena IPK yang tinggi seperti itu, Ingin juga mengalami hal seperti itu? simak berbagai cara dapetin IPK 4.00 / cumlaude di bawah ini :

1. Harus Rajin

Untuk mendapatkan IPK 3.75 sampai 4.00, rajin lalu pintar wajib hukumnya. Saat menginjakkan kaki di kampus untuk perkuliahan pertama kali nih tekadkan dalam hati kamu untuk fokus kuliah dan mengejar IPK yang tinggi, tidak boleh ada malas atau tidak konsisten. Perbaiki mata pelajaran yang kurang karena kamu dituntut untuk menguasai berbagai bidang.

2. Disiplin

Ini wajib hukumnya kamu harus disiplin dalam hal masuk kuliah, ngerjain tugas, presentasi, kuis, ujian dan berbagai hal yang menunjang ilmu kamu nantinya. Untuk memiliki disiplin yang baik maka jam diluar kampus juga harus di jadwal dengan baik, misal nih yah jangan tidur terlalu malam, jangan ikut main dengan teman secara berlebihan. Jika jadwal bisa teratur maka disiplin juga bukan hal yang sulit buat dilakukan.

3. Fokus

Jika ingin mengejar IPK sempurna kamu harus fokus dan memprioritaskan diri dalam hal ilmu dan pendidikan kampus, jangan sampai waktu kamu tersita oleh pekerjaan, ukm atau kegiatan diluar lainnya. Karena hal tersebut akan membuat jadwal kuliah kamu kedodoran dan berdampak pada menurunnya nilai yang didapat. (beuh amblas deh misi dapet IPK sempurna).

4. Aktif

Selain pintar kamu juga dituntut aktif didalam kelas, bukan aktif berisik banyak ngomong. Karena kamu bertujuan untuk mengejar IPK yang sempurna maka aktif dalam hal ini adalah aktif di dalam kelas bukan di ukm atau organisasi. Jadilah pemimpin dalam presentasi, atau jadilah leader dalam kelompok kelas.

Tidak hanya sekedar leader kamu juga harus menjadi mahasiswi yang menonjol, jika kamu menjadi anggota kelompok dalam perkuliahan maka kamu harus menjadi anggota yang menonjol yang bisa diandalkan sebagai solusi yang baik atas kelompok kamu.
Nah jika kamu aktif dan pintar maka dosen akan melihat kamu sebagai mahasiswa yang menonjol dan berbeda sehingga dosen tidak akan segan memberi nilai A (horee hehe).

5. Ikuti Perbaikan

Jika dalam akhir semester ada nilai yang kurang sempurna maka kamu wajib untuk mengulangnya hingga mendapatkan nilai yang sempurna, ini sudah menjadi konsekuensi, karena niat kamu mengincar IP yang sangat tinggi. Begitupun saat mengerjakan tugas akhir, sidang dan berbagai ujian menjelang wisuda kamu perlu mempersiapkan dengan baik agar bisa mendapat nilai sempurna.(gak boleh ada kata lengah)

Itulah beberapa tips dan cara dapetin IPK 4.00 / cumlaude, banyak yah tipsnya. Secara garis besar, kamu harus siap berjuang ya tak peduli apapun jurusan kuliah mu, jika ingin mendapatkan nilai bagus, kamu tentu dituntut untuk belajar dan berusaha lebih keras.

Gimana, siap ?

Tinggalkan komentar