Sejarah Musik Metal di Indonesia

Ayobuka.com – Pecinta musik, pastinya udah ga sabar dengan info yang bakal admin kasih ya sob. Kalo sobat tau perkembangan musik tahun 70-an, tentunya sobat pasti tau jenis musik yang satu ini, yaitu metal alias underground. Dulu sih, namanya belum terkenal jadi underground, dikenalnya hanya dengan nama musik metal.

Tapi, lama-kelamaan banyak yang mengenal musik metal ini sebagai underground lewat majalah musik pada waktu itu. Musik metal ini adalah jenis musik keren loh sob yang bakal memacu adrenalin sobat semua hehehe. Sayangnya, musik metal ini kadang-kadang suka dianggap aliran keras hehehe soalnya agak teriak-teriak gitu.

Nah, di Indonesia, musisi yang mengenalkan jenis musik ini banyak banget sob. Mungkin sobat kenal sama musisi bernama Ahmad Albar, yes bener banget ! Ahmad Albar terkenal banget sob zaman 70-an, soalnya beliau ini adalah salah satu personel dari God Bless. Nah, God Bless ini memiliki jenis musik metal, yang sampe sekarang masih melegenda ya sob. Selain God Bless, zaman 70-an terkenal juga beberapa grup musik lainnya seperti Super Kid dari Bandung, AKA/SAS dari Surabaya, Gang Pegangsaan, Gypsy dari Jakarta, Giant Super, Bentoel dari Malang, dsb.

For Your Information, masih banyak loh sob grup-grup terkenal yang mengusung jenis musik metal ini. Bahkan, sempat masuk nasional. Wah, prestasi banget ya sob. Keprok-keprok. Diantaranya adalah Val Halla, Power Metal, El Pamas dan Grass Rock.

Usaha para musisi metal ini emang ga sia-sia sob. Awalnya, emang musik cadas ini agak asing di ruang dengar masyarakat Indonesia. Yah, perlu penyesuaian lah ya untuk diterima oleh masyarakat Indonesia pada tahun 70-an. Namun, finally the miracle happens, tanyain deh ke orang tua sobat semua tentang aliran musik metal ini, jamin pasti tau semua sob. Waw, amazing. Apalagi, God Bless, pasti langsung pada ngeh deh ortu sobat semua. Ya, tepatnya akhir 80-an, musik metal alias underground ini menguasai panggung musik dunia dan Indonesia. Waw good job.

Dewi fortuna gak berhenti sampe disitu aja sob, soalnya ketika akhir tahun 80-an mereka mulai merajai panggung musik Indonesia, di saat itulah mereka pun sering tampil di depan publik. Suara mereka pun mulai mengudara di stasiun radio dengan kekhasan musik cadasnya.

Akhirnya, mereka pun mulai terkenal dan banyak memiliki fans. Nah, kalo sobat sendiri fans musisi tersebut bukan? Kalo iya, berarti sobat semua adalah anak metal yang kece hihi. Secara berangsur-angsur emang istilah anak metal melekat sama mereka hingga terbagi menjadi beberapa komunitas.

Nah, sob segitu dulu ya sejarah musik metal di Indonesia. Maju terus musik Indonesia and keep metal.

Tinggalkan komentar