Kuliah Sambil Kerja, Kenapa Enggak?

Ayobuka.com – Pernah dengar istilah “kulker” nggak? Bukan kulkas loh yah, hadeeeh :p. Kulker itu singkatan dari kuliah sambil kerja. Fenomena kulker emang fantastis banget di jaman ini, kenapa? Soalnya para mahasiswa banyak yang udah ngerasa dewasa dan berkewajiban untuk ngebantu orang tuanya buat nyari duit tanpa mengabaikan pendidikan mereka. Tapi ternyata nih ya sobat, kuliah sambil kerja itu gak segampang yang diucapin, gak seringan yang dibayangin. Sulitnya minta ampun guys.

Tips Sukses Kuliah Sambil Kerja

Jadi, buat kalian yang lagi ngejalanin kulker ini, ada beberapa tips yang bisa dilakuin biar gak terlalu berat ngejalaninnya sobat. Ini nih beberapa tips yang bisa ngebantu sobat sekalian biar gampang nuntasin kuliah sambil kerja buat menuhin kebutuhan sehari-hari:

Siapin Diri Dulu

Persiapan yang baik dipercaya bisa datengin hasil yang maksimal. Jadi, sebelum sobat terjun ke dunia kulker alias kuliah sambil kerja, jangan bosen-bosen nanyain lagi ama diri sobat “apakah saya sudah siap dengan ini?” dipertimbangin masak-masak dulu, dari segi tanggung jawab kerja sama tanggung jawab kuliah, semuanya harus seimbang ya kawan! Kalo udah jawaban dari hati itu mantep pake banget, yakinin niat dan bulatkan tekad sobat deh, percaya aja kalo sobat emang bisa!

Resapi Lagi Makna Kuliah Itu Apa

Kulker itu kuliah sambil kerja, bukan kerja sambil kuliah, ntar singkatannya malah berubah jadi “kerkul” lagi, nah loh…susah ngucapinnya, kan? Karena kata pertama yang ada disini itu kuliah, maka yang kudu sobat prioritasin itu ya kuliah dan segala tetek-bengek tentangnya! Jangan sampe kewajiban dalam dunia kerja malah jadi yang paling utama dalam hal ini. Kalo kepentingan sobat kuliah hanya untuk nyari gelar aja, kayaknya sebutan yang cocok itu emang kerkul deh, bukan lagi kulker, sob.

Jadi Mahasiswa Yang Kreatif Dan Rajin Bersosialisasi

Pilih perguruan tinggi atau universitas yang bagus sob karena dengan kualitas kampus yang bagus, lulusan yang dihasilin juga kemungkinan besar berkualitas bagus. Kalo kalian udah jadi sarjana ntar sob, diharapkan dapet kerjaan yang lebih baik dari saat ini. Selain memilih universitas dan perguruan tinggi yang bagus sobat juga harus rajin dan bersosialiasai di kampus baik di ukm maupun dengan dosen.

Biasanya nih yah kampus bagus dengan dosen yang pintar akan mendapatkan banyak project dari pihak swasta karena terpercaya. Jika itu kampus komputer maka project bisa berupa aplikasi, website, iklan dan project lainnya. Nah jika kalian pintar dan bisa bersosialisasi kalian akan kecipratan menjadi tim dalam project tersebut sehingga jika goal dan lancar kalian akan mendapatkan tambahan dana yang tidak sedikit.

Jadilah Freelancer

Freelancer bisa dalam bidang apa saja sesuai skill dan keahlian misal kalian kuliah di jurusan bahasa dan lumayan bagus dalam bahasa Perancis, Jepang, Inggris atau bahasa luar lainnya. Kalian bisa jadi tour guide, karena kota-kota besar seperti Yogyakarta biasanya banyak dikunjungi turis asing. Jenis freelancer lainnya adalah desain grafis, buat website dan aplikasi, content writer, ataupun less jika kalian suka mengajar.

Refreshing Dan Buat Quality Time Sebanyak Mungkin

Kulker udah pasti buat fisik dan pikiran sobat capek. Jadi, gunain waktu libur yang ada semaksimal mungkin sob! Buat quality time sebanyak mungkin supaya ngilangin penat dan istirahat yang cukup supaya tenaganya keisi lagi.

Itu tadi tips buat kalian-kalian yang pada kuliah sambil kerja, semoga bermanfaat yaa..

Tinggalkan komentar