Intip Sejarah Motor Harley Davidson

AyoBuka.com – Ayo siapa yang suka dan kagum terhadap Harley angkat tangannya? Jenis motor gede satu ini memang sangat banyak penggemarnya dan ngomongin motor gede satu ini pun gak ada habis-habisnya ya. Karena banyak orang yang ngecengin motor gede ini, secara motor ini emang keren banget.

Terutama para cowok nih, bawa motor ini ke tongkrongan bisa bikin para cewek melirik, soalnya macho banget. Apalagi ditambah denga sobat yang pake rompi tanpa lengan. Huwaaaa, tambah speechless deh tuh kaum hawa. Penggemar motornya pun tersebar di seluruh dunia loh sob, termasuk Indonesia. Penggemarnya tergabung dalam suatu komunitas yang dinamakan Harley Davidson Club Indonesia (HDCI).

Sejarah Motor Harley Davidson

motor harley davidson adalah motor yang memiliki nilai investasi yang tinggi
Touring ( Sumber : Canva )

 

Nah melihat banyaknya penggemar motor Harley di Indonesia. Sebetulnya sobat sendiri tau gak sih, sejarah pertama kali munculnya motor gede ini sob? Kalo belum tau, intip yuk sejarahnya !

Seperti namanya maka sudah dapat ditebak ya sobat kalau motor Harley Davidson ini pertama kali diciptakan oleh orang yang bernama Harley dan Davidson, tepatnya adalah Bill Harley dan Arthur Walter Davidson. Mereka mengembangkannya pada tahun 1903 di Milwaukee. Saat itu mereka mengembangkan mesin satu silinder berkapasitas 60 cc. Mesin yang dikembangkan oleh mereka berhasil dengan baik, dan itu merupakan cikal bakal terbentuknya motor gede ini.

Mereka pun sepakat membentuk sebuah perusahaan yang memproduksi mesin motor. Perusahaan ini dinamakan Harley Davidson Motorcycle Co. Pertama kali perusahaan ini hanyalah berupa gubuk di belakang rumah Davidson. Walaupun hanya berupa gubuk dengan fasilitas seadanya, namun mereka berhasil mengembangkan usaha mereka dengan memproduksi tiga unit motor pada pertama kali.

Gak berhenti sampe disana aja sob, mereka terus berkembang dengan menciptakan jumlah motor yang lebih banyak lagi, yaitu sekitar 11 unit motor pada tahun 1905. Pada tahun berikutnya, yaitu tahun 1906, perusahaan ini mampu menciptakan 150 unit motor. Nah, pada tahun 1906 pula mereka pindah ke Juneau Avenue karena tempatnya lebih luas dari gubuk yang mereka tempati pertama kali di belakang rumah Davidson.

Tahun 1908, produksi mereka lebih meningkat yaitu sekitar 154 motor. Karena semakin bertambahnya produksi motor mereka, mereka pun memutuskan untuk membuat sebuah pabrik sederhana dengan mempekerjakan 20 karyawan. Nah, hebatnya produksi motor mereka laku keras karena sudah langsung dipesan oleh kepolisian setempat. Dengan kualitas motor mereka yang mempunyai kecepatan tinggi, polisi pun tertarik menggunakan Harley Davidson sebagai motor tetap mereka.

Perkembangan Motor Harley Davidson

Harley Davidson terus mengalami perkembangan. Setelah memproduksi motor dengan kuantitas yang cukup banyak, mereka pun berkembang dengan menciptakan beberapa model baru seperti Sportster pada tahun 1957, Fat Boy pada tahun 1990 dsb. Hingga kini Harley Davidson sudah menjadi legenda motor dunia dan menjadi impian bagi seluruh kaum adam.

Sudah tau kan sejarah motor Harley sekarang. Siap-siap mulai nabung atau investasi dari sekarang ya karena Harley Davidson terkenal dengan harganya yang selangit hehehe.

Tinggalkan komentar