Anti Grogi Saat Presentasi, Ini Tipsnya

Ayobuka.com – Bertemu lagi nih, kali ini saya akan memberikan berbagai tips ampuh yang akan berguna buat sekolah, kuliah atau pekerjaan pembaca AyoBuka.com semua. Dan pada ulasan kali ini kita nih akan bahasa namanya pidato atau presentasi. Dari semua sobat ABDC disini pasti dong ada kan yang pernah mengalami namanya grogi atau nervous saat lagi berada di depan untuk pidato atau presentasi.

Rasa grogi dan nervous saat berada di depan orang itu sebenarnya sebuah hal yang wajar sob karena sifat ilmiah manusia memang grogi saat dihadapkan dengan khalayak. Namun semua hal grogi tersebut menjadi tidak normal jika kita malah gak bisa menguasai keadaan alias gemetaran sepanjang acara. Nah loh kalau udah jadi begini bukan presentasi/pidato maut, yang ampuh membius hadir pemirsa yang hadir namun ancaman rasa malu yang datang menguntit selama acara.

Gak mau kan kejadian seperti ini menimpa mu apalagi jika dalam salah satu pemirsa yang hadir ada gebetan, pacar atau bahkan camer yang siap menyimak isi pidato/presentasi kamu, wuih bisa makin berabe. Nah agar kejadian tersebut tidak terjadi dan kamu semua bisa menghadirkan pidato dengan memikat, berikut beberapa

Tips Anti Grogi Saat Pidato/ Presentasi.

1. Belajar Untuk Berbicara Di Depan Orang Banyak

Tips pertama ini merupakan tips paling penting dalam sukses berpidato/presentasi maka dari itu nih mulai sekarang mulailah latihan buat berbicara di depan orang banyak. Latihan yang dilakukan gak harus belajar pidato di pusat keramaian tentunya, namun kamu bisa mulai latihan di kamar menggunakan cermin.

Nah anggaplah bayangan yang ada di cermin adalah pemirsa pidato, belajarlah lebih banyak dan lebih intens dengan terus mencoba dan latihan hingga kepercayaan diri kamu terbentuk dengan perlahan.

2. Kuasai Keadaan

Menguasai keadaan berbeda dengan menguasai pikiran, yaiyalah :). Menguasai keadaan disini artinya kamu harus menguasai situasi pidato atau presentasi yang sedang kamu hadapi. Caranya gimana?, nih ABDC beber yah:

a) Fokus pada pandangan, presentasi itu gak boleh nunduk sob apalagi memalingkan muka ke tempat lain ntar dikira kamu membayangkan hal-hal aneh lagi,. hehe. Kamu harus fokus memandang ke pemirsa agar pemirsa merasa menjadi “bagian” dari pidato kamu. Sesekali boleh memalingkan pandangan namun jangan terlalu sering.

b) Setelah masalah pandangan ini bisa dikuasai dengan benar coba “kuasai” emosi pemirsa misal saat materi mengharuskan kamu tersenyum maka tersenyumlah sebaliknya jika isi materi serius dan mengharuskan menarik simpati maka kamu harus menjiwai agar pemirsa ikut terhanyut dengan materi.

3. Perkuat Materi

Inget kan pidato sang presiden pertama kita Bung Karno saat menyampaikan pidato kemerdekaan?, beuh itu emosinya sangat mendalam bahkan kita yang gak hadir saja sampai ikut terbawa suasana hanya dengan menyaksikan rekamananya. Selain gaya pidato Bung Karno yang mahir, ternyata materi juga menjadi kelebihan dari pidato Bung Karno sob.

Kamu simak deh materi atau naskah pidato Bung Karno, sangat mendalam dan kaya akan semangat patriotisme. Nah dalam menyajikan pidato atau presentasi yang baik materi memang penting.

4. Perbanyak Jam Terbang

Setelah belajar berbicara di depan orang banyak, menguasai keadaan dan memperkuat materi maka langkah selanjutnya agar pidato kamu maut adalah dengan memperbanyak jam terbang pidato/presentasi di depan orang. Kamu bisa mulai dengan presentasi di kelas. Ekplorasi semua kemampuan kamu, setelah lingkup presentasi kecil udah kamu genggam mulailah merambah ke pidato atau presentasi yang lebih besar yang akan semakin mengasah kemampuan pidato/presentasi kamu.

Itulah beberapa Tips anti grogi saat pidato/ presentasi, selamat mencoba yah dan semoga menjadi salah satu penyaji pidato/presentasi yang baik.

Tinggalkan komentar