Ini Alasan Bahasa Internasional Menjadi Bahasa Internasional

Ayobuka.com – Pernah ngerasain gak, jaman kecil dulu sampe sekarang disuruh ikut kursus bahasa Inggris melulu? Padahal otak udah puyeng belajar cas ces cos setiap hari, mulai dari grammar, conversation, sama reading.

Bahkan mungkin dari kalian semua ada yang dipaksa sama mama papanya untuk belajar bahasa Inggris, padahal gak begitu suka sama bahasa Inggris, macem alergi gitu. Atau ada juga yang suka-suka aja tuh belajar bahasa Inggris? Ya, biar kayak orang bule gitu. Haha, biar keren dikit dah, bisa berinteraksi dengan bule-bule dari berbagai belahan dunia. Soalnya ada juga anggapan, dan kekhawatiran bahwa kalo gak kita gak belajar bahasa Inggris kita akan susah buat pergaulan internasional dan karier di luar negeri. Nah loh, bener gak sih?

Alasan Bahasa Inggris Adalah Bahasa Internasional

bahasa inggris ditetapkan sebagai bahasa dunia dan digunakan untuk seluruh dunia

Kekhawatiran tersebut tuh emang beralasan ya, soalnya Bahasa Internasional yang umum dan resmi digunakan itu yah Bahasa Inggris. Wadaw! mati deh. Jadi mau tidak mau suka tidak suka harusnya kita manut aja yah dipaksain dikit untuk belajar bahasa Inggris. Lalu ngomong-ngomong kenapa sih, bahasa yang satu ini bisa jadi bahasa Internasional? Kenapa gak bahasa Cina atau Arab misalnya, kan lebih gampang belajarnya, bisa sama ibu atau kakek kita aja. Hihi. Ya udah, penasaran kan alasannya kenapa langsung aja cekidot alasannya.

1. Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang tertua di dunia

Tuh, ternyata bahasa Inggris ini merupakan salah satu bahasa tertua di dunia yang kemunculannya berkembang di dataran Britania sekitar abad ke-8. Wah tua banget ya. Wajar, kalo bahasa Inggris ini berkembang dengan pesat ke seluruh dunia karena bahasa ini juga merupakan salah satu bahasa yang digunakan untuk bertransaksi ekonomi oleh para pedagang maupun pelayar di jaman dahulu.

2. Kosa kata Bahasa Inggris jumlahnya banyak banget

Sebagai bahasa tertua, bahasa Inggris wajar jika memiliki kosa kata yang banyak dibandingkan negara lain. Kalo kalian cek di kamus, satu kata aja banyak banget ya artinya. Kadang-kadang hal ini juga sih yang bikin ciut duluan untuk belajar bahasa Inggris. Hayo, ngaku gapapa hehe. Bahasa Inggris ini punya kosakata lebih dari satu juta lho, bedain aja sama bahasa Indonesia yang punya kosa kata cuma Sembilan puluh ribuan. Waah, jauh banget bedanya ya.

3. Negara Inggris paling banyak jajahannya

Berkaca pada sejarah, gak dipungkiri kalo negara Inggris ini paling banyak jajahannya. Mulai dari barat, timur, dan selatan dunia pernah dijajah sama negara yang satu ini. Secara logikanya, kalo banyak yang dijajah pastinya bahasa negara tersebut juga jadi beredar dong. Pribumi pasti akan belajar bahasa penjajahnya. Nah inilah alasan utama yang digunakan kenapa bahasa Inggris bisa digunakan sebagai bahasa Internasional karena penggunannya memang paling banyak di berbagai belahan dunia di banding bahasa lain seperti Perancis, Spanyol atau Italia misalnya.

Oke deh, cukup sekian dulu ya info kali ini. Semoga bisa jadi jawaban dari penasaran kamu plus jadi motivasi ya untuk belajar bahasa inggris. See you on next post !

Tinggalkan komentar