Apa itu SKPI? Para Palamar Kerja WAJIB Tahu!

Ika Nur Cahya Sartika

Kamu tahu gak apa itu SKPI alias Surat Keterangan Pendamping Ijazah? Kalau gak tahu, kamu harus mencoba tahu dan scroll down!

SKPI itu sebenernya udah diberlakukan sejak Agustus 2014. Tapi ternyata masih banyak institusi yang gak merealisasikannya. Entah karena kagak tau atau gak mau.

Rasa-rasanya pasti udah disosialisasikan, mungkin males, karena pastinya ribet.
Jadinya, SKPI itu adalah surat keterangan yang menjelaskan secara rinci tentang si sarjana misalnya.

Jadi SKPI itu beda ya sama ijazah dan transkrip nilai. Ijazah itu hanya sertifikat yang ada nama, IPK dan sebagainya sementara transkrip nilai itu berisi nilai-nilai kamu selama kuliah.

Kalau SKPI itu lebih kayak deskripsi diri kamu, karakter, achievement dan sebagainya yang dibuat dalam bentuk narasi. Sebenernya sih bagus kalau dikasih SKPI karena kan orang-orang atau perusahaan bisa liat langsung pemaparan diri kamu yang dilakukan orang-orang yang berwenang.

Tapi memang kalau dipikir-pikir susah juga ya bikin SKPI yang bener-bener jujur dari institusi, secara institusi harus ngeluarin SKPI untuk semua wisudawan mereka, bayangin aja sebanyak apa itu, dan harus tahu per orang gimana riwayat kuliahnya.

Duuuuh, memang terdengar rempong, tapi kalau dikomit sih kayaknya bisa-bisa aja deh.

So, sekarang udah tahu SKPI itu apa kan?!


Artikel Terkait