Kita, Para Anak Muda, Apalagi Para Orangtua Harus Selalu Sabar Ngadepin anak-anak! Kenapa? Alasannya bikin nangis!

iseng-flo

Kita, yang lebih tua, yang udah punya akal, yang udah bisa mikir, apalagi yang udah jadi emak bapak orang, harus sabar dalam ngadepin anak-anak yah! Kenapa?

Karena ketika mereka rewel, ngamuk (tantrum), nangis, dan sebagainya, sebenernya mereka itu sedang menyampaikan satu pesan, masalahnya, karena mereka belum terlalu ngerti perasaan mereka sendiri, kalopun mengerti, kadang mereka belum bisa caranya gimana ngomongnya ke kita.

Contohnya, si anak baru umur satu atau dua tahun, terus nangis karena ngantuk berat mau minum susu, tapi belum bisa bilang, lupa kosa katanya, ya gimana, terpaksa mereka nangis atau sering disebut tantrum, ngamuk terkadang. Nah, si tantrum ini terjadi saat si anak gak bisa bilang apa yang ada dipikiran atau hatinya, jadi mereka bakal ngerasa nyesek deh, makanya nangis dan ngamuk-ngamuk!

Nah, tugas kita ini lho yang lebih tua yang udah bisa mikir, gimana caranya agar tahu apa tujuan mereka nangis. Pertama-tama bisa coba kasih susu, atau digendong, kalau ngantuk dikasih susu, insya Allah bobok deh.

Lama kelamaan kita semakin ahli kok mengenal apa alasan si anak tantrum, intinya sabar, jangan malah marah-marah.

Semakin dimarahin, anak semakin sedih jadi makin tantrum deh, itu bisa mengganggu perkembangan psikologi atau mental anak jika dimarahin terus.

Gituuu.

So, sing sabbar yoo!


Artikel Terkait