5 Tanda Kalau Kamu Itu Rasismus! WASPADALAH!

9610900-four-retro-styled-women-chit-chat-over-coffee-in-a-kitchen-stock-photo

Rasisme memang udah jadi isu yang selalu hangat diperbincangkan. Entah itu terlalu dibesar-besarkan media atau memang begitulah kenyataannya, intinya rasisme selalu menjadi salah satu penyebab terbesar suatu permusuhan antara ras, suku maupun agama yang berbeda.

Hmm, hati-hati deh ya! Berikut adalah ciri-ciri kalau kamu udah mulai mengidap penyakit rasisme. Apa aja? Cekidot!

1. Sensi Sama Perubahan
Kalau kamu orang yang sering sensi sama perubahan. Entah perubahan apapun itu, bahkan untuk perubahan yang kecil pun kamu kayaknya gak nyaman atau gak leluasa, waspadalah, ini adalah ciri-ciri paling awal dari rasismus. So, be aware!

2. Gak Mau Dibawah Suku/Negara Lain
Tingkat yang sedikit lebih diatas itu adalah ketika kamu gak mau berada dibawah orang lain yang berbeda sama kamu. Entah kamu gak mau di bos-in sama orang yang lebih jelek dari kamu, dan sebagainya.

3. Membeda-bedakan
Kamu juga cenderung membeda-bedakan diri kamu atau suku kamu atau mungkin agama kamu dengan orang lain. Parahnya, kamu ngerasa selau lebih baik dan diatas orang lain. Waduh!

4. Membanding-bandingkan
Tidak hanya membedakan, kamu juga mulai membanding-bandingkan suku ini dengan suku itu. Ras ini degan ras itu, agama ini dengan agama itu. Lalu menarik kesimpulan bahwa agamamu adalah agama yang paling baik misalnya, hmm..

5. Menyakiti Perbedaan
Maksudnya disini adalah, kamu mulai menyakiti orang-orang yang berbeda dari kamu, entah itu berbeda warna kulit, beda pendapat sampai beda kepercayaan. Kamu ngerasa kalau itu gak apa-apa kok, nyakitin orang-orang yang bukan bagian dari diri kamu adalah sebuah hal yang wajar. Wew, kamu rasismus mundus?! Ahahha!


Artikel Terkait