Kamu GAK Akan Bisa Berbahasa Inggris Kalau Gak Punya 5 Hal Ini!

9610900-four-retro-styled-women-chit-chat-over-coffee-in-a-kitchen-stock-photo

Banyak orang yang pengen bisa Bahasa Inggris, kebanyakan sih pengennya minimal speaking dan listening okay. Beberapa, ada yang bener-bener fight for beasiswa ke luar negeri butuh jadi bener-bener bagus di keempat skill (ditambah writing and reading). Selain buat keren-kerenan, gak dipungkiri lagi kalau bahasa yang satu ini wajib dipelajari dan dikuasai karena dibawa kemana aja bisa.

Nah, untuk belajar bahasa itu gak sama dengan belajar IPA yang okay, ini rumusnya begini, otak-atik, bla bla bla. Belajar bahasa itu seharusnya bisa lebih santai sih. Yang penting saat belajar itu ya pemahaman, mau belajar apapun, harus paham, gak bisa cuma tahu atau ngerti doang. Itu beda! So, apa aja yang harus kita punya untuk pinter Bahasa Inggris?!

1. Confidence
Yap, ini di list pertama, karena banyak orang yang malu, atau biasa dibilang takut salah. Gak mau ngomong, gak mau nulis, gak mau ngapa-ngapain dalam bahasa inggris karena takut salah. Duh, kalau confidence-nya udah salah, gimana mau bisa? Intinya sih, mau belajar apapun, khususnya bahasa, kita harus berani dan percaya diri.

Berani nanya kalau kita gak ngerti, beranibilang gak tau kalau kita gak tahu, berani ngomong kalau disuruh ngomong. Berani buat salah! So, please build your confidence first, okay?

2. Down to earth
Ini juga harus dimiliki semua orang yang haus ilmu. Down to earth, jangan kebanyakan gaya, jangan sok kepinteran, kalau lagi belajar, sama siapapuuun, mau lebih muda, mau kayaknya lebih bodoh, just stay hungry, stay foolish! Kalau kerennya sih gini, kosongin gelas kita tiap kali mau belajar sehingga gak ada faktor arogansi yang buat ilmu gak bisa atau gak jadi nyampe ke kita.

3. Agresif
Agresif disini bukan dalam artian negatif yak. Kita bisa bilang dengan kata lain, “aktif”. Kalau ada bule atau lagi jalan-jalan ketemu native speaker, atau di media sosial dan sebagainya. Just be active! Tanya-tanya aja selagi dia mau jawab, apalagi ngomong langsung, itu gregetnya beda, gak papa salah, gak papa kebanyakan mikir, gak papa kebanyakan pakek gesture. lama kelamaan vocab-nya pasti nambah drastis deh!

4. Practice
Practice makes perfect. Kalau kita terus menerus atau rutin latihan, entah tiap hari itu satu jam harus ngomong Bahasa Inggris sama tutor atau kalau ada kenalan bule bisa diajak ngomong. Pasti deh, kemampuan bahasa inggris kita meningkat!

5. Community
Last, but really far from least! Komunitas itu sangat sangat penting! Walaupun kita cuma punya satu komunitas atau grup yang isinya cuma 3 orang, tapi konsisten belajar bareng, harus Bahasa Inggris tiap hari, pasti deh kemampuan kita berkembang pesat. Karena kalau sendirian kan kadang bawaannya males atau gak terlalu greget.

Kalau kita punya komunitas yang bisa buat kita Bahasa Inggris setiap kali sama mereka, kenapa gak? Dateng aja tiap hari! Haha. Semangat ya!


Artikel Terkait