Belum Bisa Membanggakan Orangtua? Coba Lakukan 5 Hal Sederhana Ini Dari Sekarang!

nanny-spares-parents-and-children-time

Siapa sih di dunia ini yang gak mau banggain kedua orangtua? Hal ini pasti menjadi first dream-list semua orang. Meskipun kelihatannya sederhana, tapi sadar gak sih, impian ini adalah impian paling sulit untuk digapai lho! Kenapa? Karena sesungguhnya kita gak akan pernah bisa membalas semua yang orangtua kita berikan dan korbankan seumur hidup mereka.

Kategori “membanggakan” pun berbeda bagi tiap orangtua. Apalagi bagi anak-anak yang masih kecil atau masih belum bisa menghasilkan uang sendiri, ada rasa khawatir tidak bisa memberikan yang terbaik selama orang tua masih hidup. So, 5 hal sederhana apa sih yang bisa kita lakukan sekarang juga untuk membanggakan orangtua kita?!

  1. Membatu Orangtua

Kita bisa memulai dengan membantu orangtua seperti membersihkan rumah, membantu ibu memasak, memijat ayah yang baru pulang kerja, menyiapkan sarapan, dan hal-hal sederhana lainnya. Jika kita anak rantau, kita bisa melakukan ini saat libur semester, jangan malah malas-malasan kayak bos kalau pulang dengan alasan “capek satu semester belajar”. Duh, kapan lagi dong mau bantu ortu kalau gak saat libur?!

  1. Tidak Menyakiti dan Perlakukan Ortu Sehormat Mungkin

Hal sederhana lainnya yang bisa kita lakukan adalah dengan tidak menyakiti perasaan mereka, jangan pernah membentak mereka, bahkan dalam islam mengatakan “ah” pun tidak diperbolehkan! Perlakukan ortu kita dengan sehormat mungkin, sebaik mungkin!

Bukan dosen, bukan presiden bukan konglomerat yang seharusnya mendapatkan hormat terbaik kita, bukan! Tapi orang tua kita, yang memperjuangkan kita sedari kita belum berada dirahim ibu! Orangtua kita yang selalu ada untuk kita, yang selalu tulus menyayangi kita. Merekalah yang pantas untuk semua perlakuan terbaik yang bisa kita lakukan. Mereka yang paling pantas,…

  1. Memberi Surprise dan Perhatian

Meskipun misalnya kita masih belum bisa memberikan semua yang orangtua harapkan. Kita bisa sesekali memberikan mereka surprise kecil-kecilan. Saat mereka ulang tahun misalnya, saat hari ibu atau hari ayah atau saat pulang kerumah saat libur kuliah.

Kita bisa membelikan baju atau pernak-pernik untuk mereka. Tidak perlu mahal, dari uang belanja yang mereka berikan pun, bisa kita tabung sedikit, jikalau pun murah, mereka tidak akan melihat itu. Mereka sungguh akan sangat bahagia! Jika kita tidak bisa pulang kerumah, kita bisa menelfon mereka duluan, menanyakan kabar, perhatian-perhatian kecil seperti ini begitu besar artinya buat mereka.

Jangan melulu mereka yang menghubungi kita, dan kita hanya menelfon mereka saat butuh duit atau galau putus sama mantan. Mereka, juga sesekali ingin bercerita tentang hidup mereka. Sama siapa lagi cobak meeka harus curhat kalau gak sama anak-anak?

  1. Memberikan yang Terbaik

Kalau kamu masih sekolah entah itu SD, SMP , SMA pun kuliah, maka belajarlah dengan baik dan benar, ukir prestasi untuk buat ortu kamu bangga! Kalau kamu udah kerja, kamu bisa membantu kedua orangtuamu dengan bantuan finansial apalagi jika mereka sudah tua, izinkan mereka menikmati hidup mereka, izinkan mereka untuk menikmati ibadah mereka tanpa memikirkan uang untukmu lagi. Apapun dan siapapun kamu saat ini, kamu selalu bisa memberikan yang terbaik untuk mereka kok dengan hal sekecil apapun!

  1. Berdoa

Last but not least, doakan mereka kini, saat mereka masih hidup, dan nanti, ketika tuhan memanggil mereka, tetap doakan mereka dalam setiap doamu, dimanapun, kapanpun meski hanya doa dari hati kecilmu. Doakan mereka, saat kau menangis, merintih di tengah malam saat hanya sepi yang menemanimu.

Kita, selalu bisa membanggakan mereka dengan menjadi anak-anak yang soleh dan solehah, karena kelak, bukan hanya dunia yang mereka butuhkan, mereka akan pergi meninggalkan kita, dan saat itu, tak ada hal lain yang bisa kita lakukan selain selalu mendoakan mereka. So, yuk, detik ini, kita banggakan orangtua kita!

 


Artikel Terkait