Bingung Setelah Wisuda Mau Kemana? Yuk, Ah, Tentukan Pilihanmu Sekarang!!

student-loan-debt

Wisuda memang adalah sebuah penghargaan bergengsi di dunia perkuliahan. Butuh proses yang panjang dan gak mudah untuk sampai kesana. Setelah sampai disana alias menjadi wisudawan dan wisudawati, selamat datang di dunia yang mengenaskan, PENGANGGURAN! Haha.

Tapi emang bener sih, saat masih kuliah walaupun udah 6 tahun, status kita masih mahasiswa yang masih berani minta duit sana-sini. Tapi setelah wisuda? Kita resmi jadi pengangguran. Bayangin deh, 12.000 orang wisuda satu hari, misalnya, dalam hari itu, ada 12.000 orang pengangguran cuy!

Bayangin deh, berapa orang yang wisuda dalam satu tahun dikalikan jumlah universitas negeri, swasta, akademi, sekolah tinggi, dan lain-lain. Aigooh! So, bagi kamu yang udah wisuda atau udah lulus tapi nunggu wisuda atau masih skripsian, ini nih yang harus disiapkan dan kamu pikirkan dengan matang dan benar dari sekarang!

  1. Kerja?

Kamu harus putuskan, setelah lulus mau kemana? Kerja kah ? nikah kah? S2 kah? Putuskan dengan mempertimbangkan segala hal. Dirimu sendiri, keluarga, dan hal-hal lebih privasi lainnya. Nah, kalau kamu yakin setelah kuliah bakal kerja, kamu udah harus punya target kamu mau kerja dimana, apa aja syaratnya, kalau udah buka lowongan dan syarat ijazahnya bisa nyusul, kamu bisa apply. Lumayankan, kalau lulus, setelah wisuda kamu bukan penganggura lagi karena udah keterima. Atau mungkin ada beberapa universitas yang kerjasama sama perusahaan dan kamu terlihat mencolok dengan IP 4 misalnya, wah, kamu yang ditawarin malah!

  1. S2?

Kamu juga punya pilihan untuk S2 langsung setelah lulus atau mau rehat sejenak atau mau kerja setahun dua tahun baru S2. Itu pilihan kamu. Makanya, tujuan hidup kamu itu harus jelas, sehingga kamu bisa fokus sama satu goal yang bener-bener pengen kamu raih. Kalau kamu mau S2 langsung setelah lulus, banyak kok beasiswa yang bisa di-apply saat kita masih tingkat akhir atau modal surat keteranga lulus doang. Jadi, abis wisuda kamu kembali jadi mahasiswa lagi deh! Untung-untung kalau S2 nya beasiswa! Uuulalllaaaa

  1. Internship/Exchange

Atau mungkin kamu mau coba nyari pengalaman dulu sebelum bener-bener terjun kedunia yang kamu inginkan. Kayak, sebelum bener-bener kerja, kamu bisa magang dulu tiga bulan mugkin. Atau bantu usaha ayah. Atau kalau kamu mau kuliah di luar negeri tapi ragu, kamu bisa coba exchange dulu enam bulan mungkin. Ada banyak pilihan dan kesempatan kok diluar sana kalau kita punya kemauan dan kerja cerdas!

  1. Menikah

Hehe. Pilihan yang satu ini juga lumayan sulit untuk diputuskan. Apakah kamu mau nikah setelah wisuda? Ayooo ngaku. Hehe. Kalau kamu udah komitmen sama cowokmu atau kebetulan ada yang ngelamar atau nunggu kamu ampe wisuda dan kamu pun sreg, gak ada salahnya kok. Kamu masih bisa ngelanjutin mimpi-mimpi kamu dan lebih enaknya kalau udah nikah jadinya “mimpi-mimpi kita”. Acieeee

  1. Having fun

Kalau kamu mahasiswa yang hampir DO atau bener-bener udah sumpek pas kuliah kamu bisa mutusin untuk relaks sementara waktu, ngelupain soal kuliah atau nyari kerja. Just travel around the city or may be the world! Yap, kita juga gak bisa dong maksain otak sama fisik kita. Kita gak bisa bohong, mungkin kita emang jenuh dan butuh piknik. Jadi gak ada salahnya sih entah itu kamu jalan-jalan atau nganggur aja di rumah manja-manjaan sama ortu untuk beberapa minggu atau bulan. Tapi jangan kelamaan, go out of your comfort zone, pals!

So, selamat memilih!


Artikel Terkait