Kenapa Mata Kucing Menyala Saat Gelap? Inilah Alasannya!

Ika Nur Cahya Sartika

Kucing merupakan salah satu mahluk hidup yang paling dekat dengan kehidupan manusia. Kucing memiliki sifat yang begitu manja sehingga hewan ini pun sangat digemari. Sobat Ayobuka pasti sering melihat mata kucing yang menyala ketika dalam keadaan gelap kan? Nah, kira-kira apa sih penyebab mata kucing tersebut bisa menyala dalam keadaan gelap? Yuk kita bahas penjelesan ilmiahnya disini!

Seperti yang kita ketahui, Kucing merupakan salah satu hewan berjenis Nokturnal. Artinya, kucing lebih sering beraktifitas di malam hari dibandingkan siang hari. Oleh karena itu, indera penciuman dan pendengaran yang dimiliki kucing lebih peka. Tidak hanya itu, mata kucing juga memiliki banyak kelebihan yang dapat membantu kucing untuk menjalankan aktifitasnya walaupun dalam kondisi minim cahaya.

Ternyata mata kucing mengandung zat bernama Topetum Lucidum. Zat ini terdapat di belakangan retina mata pada kucing. Selain menghasilkan efek sinar, zat tersebut juga dapat membantu kucing untuk mendapatkan pengelihatan lebih baik ketika minim cahaya. Seperti yang dilansir Ayobuka dari laman Funsciencehub (24/8/2016).

Tidak hanya Kucing saja, beberapa hewan Nokturnal lainnya juga memiliki mata yang bisa menyala dalam keadaan gelap. Hewan-hewan tersebut antara lain Kelalawar, Lipan, Burung Hantu, Tikus, Kuskus, Kukang, dan masih banyak yang lainnya. Semoga informasi kali ini dapat menambah pengetahuan kalian ya sobat Ayobuka.

<ncs>


Artikel Terkait