Jangan Terkecoh, Foto Harga Rokok Mahal di Sosmed Dipastikan Hoax!

Ika Nur Cahya Sartika

Di tengah-tengah panasnya isu mengenai kenaikan harga rokok, para pengguna sosial media dikejutkan dengan sebuah foto yang menunjukkan harga-harga rokok yang telah mengalami kenaikan. Foto tersebut berhasil menarik perhatian hingga akhirnya menjadi viral di kalangan netizen.

Di foto tersebut terlihat jika harga-harga rokok disebuah pasar swalayan mengalami kenaikan sampai dengan Rp. 50 ribu per bungkusnya. Sebagai salah satu contohnya, harga Marlboro Merah yang sebelumnya dijual dengan harga berkisar Rp. 20 ribu, menjadi sekitar Rp. 50 ribu lebih. Netizen pun bertanya-tanya, apakah benar harga rokok saat ini seperti yang tertera di foto tersebut?

Menanggapi isu yang telah di beredar saat ini, Ismanus Soemiran selaku Ketua Gabungan Pengusaha Rokok Indonesia (Gapri) akhirnya angkat bicara. Menurutnya, list harga rokok yang tertera dalam foto tersebut patut di pertanyakan. Sama halnya dengan isu yang menyebutkan jika harga rokok akan naik Rp. 50 ribu perbungkus. Foto yang telah menjadi viral tersebut sudah dipastikan Hoax. Seperti yang dilansir Ayobuka dari laman Okezone (23/8/2016).

Isu harga rokok yang harganya akan dinaikan Rp. 50 ribu perbungkusnya ini memang memicu pro kontra di kalangan masyarakat. Tidak sedikit masyarakat yang mendukung kebijakan ini. Masyarakat beranggapan jika kebijakan tersebut terealisasi banyak perokok yang akan mulai berhenti membeli rokok. Dengan begitu, masyarakat bisa menjalani hidup lebih sehat. Dilain sisi, kebijakan rokok ini juga dianggap memiliki dampak buruk terutama untuk sektor Industri.

 

<ncs>


Artikel Terkait