Sebelum Pakai iPhone, Kenalan Dulu Sama Logo-logo Ini Yuk!

Ika Nur Cahya Sartika

Bagi kamu pengguna iPhone tentunya sudah tak asing lagi dengan beberapa simbol yang tertera dibelakang body iPhone. Kamu juga pastinya sudah tahu perusahaan yang berdiri di California itu dirakit di China. Tapi, apakah kamu sudah tahu makna dibalik logo-logo yang tertera di belakang body iPhone tersebut?

Mungkin sebagian orang tak peduli dengan keberadaan tulisan yang tertera, namun tidak ada salahnya jika kita memahami apa makna dibalik perangkat yang kita pakai. Seperti ABe lansir dari Mental Floos berikut ulasan lengkapnya:

1. Logo tanda seru yang berada didalam lingkaran

Perangkat ini berarti merupakan perangkat nirkabel Class II yang merupakan hal penting bagi pengguna yang ada di luar Amerika Serikat. Hal ini menunjukkan bahwa tidak semua pita frekuensi yang ada di perangkat iPhone bisa digunakan di mana saja.

2. “CE” dan “0682”

Tak banyak yang mengenal arti dibalik simbol buatan Eropa ini. Angka yang tertera itu menandakan ‘Cetecom ICT Services’ sebuah firma akreditasi dari Jerman yang menguji kelayakan iPhone. Sedangkan untuk simbol “CE” merupakan kepanjangan dari Conformite Europeenne, yang merepresentasikan persetujuan Uni-Eropa untuk mendistribusikan iPhone di benua tersebut.

3. Logo tempat sampah yang disilang

Untuk logo ini tampaknya sudah banyak yang mengenalnya. Simbol ini merupakan peringatan cukup besar yakni dilarang membuang perangkat iPhone bersamaan dengan sampah-sampah lain. Bahkan, pihak Apple sendiri telah menyarankan bagi pengguna yang ingin membuang perangkat Apple untuk menghubungi pengelola sampah lokal, untuk tahu di mana tempat membuang peralatan elektronik ini dengan benar.

4. Logo bertuliskan “FC”

Logo yang terlihat seperti huruf ‘F’ dan ‘C’ yang terlihat menumpuk. Logo ini berarti bahwa iPhone sudah disetujui oleh Federal Communications Commisions (FCC). Persetujuan ini tentunya bermakna sangat baik, karena iPhone berati telah teruji tidak akan mengeluarkan atau menyebabkan emisi berbahaya jika dipakai dengan penggunaan normal.

<ncs>