Inilah Alasan Kenapa Turis Lebih Memilih Jalan-jalan ke Museum Nasional

Ika Nur Cahya Sartika

Bagi kamu yang suka ke museum kayanya sudah ga kaget lagi melihat turis yang berlalu lalang di hadapan kita, tapi akan kaget jika kamu yang baru masuk museum dan di pintu masuk para turis sudah mengantri untuk membeli tiket masuk, ya bukan?

Hal itu menjadi suatu hal menarik yang perlu di bahas dalam artikel ini. Pernah gak kamu masuk ke museum yang di dalam nya hanya orang Indonesia?

Justru sebaliknya, sekarang ini lebih banyak turis yang mengisi museum terutama Museum Nasional. Hal itu diutarakan langsung oleh seorang pemandu wisata di Museum Nasional mengatakan pengunjung yang datang ke museum bukan hanya datang dari seluruh Indonesia tapi juga dari mancanegara. Kebanyakan dari mereka datang dari Inggris untuk mengetahui pra sejarah Indonesia sebelum merdeka. Kedatangan mereka membuat Museum Nasional menjadi ramai tapi memang tak selalu penuh.

“Kalau sekitar bulan Maret sampai Mei itu pengunjung ramai biasanya anak-anak sekolah. Kalau wisatawan mancanegara biasanya menjelang Desember sampai tahun baru. Itu wisatawan dari Belanda, Korea, Jepang, itu banyak yang datang,” ungkap Jainudin, seperti Ayobuka kutip dari liputan6, Rabu (10 Agustus 2016).

Jika dibandingkan jumlah kunjungan wisatawan dengan mancanegara tentunya lebih banyak kunjungan turis daripada wisatawan lokal. Hal itu menjadi bukti sejarah Indonesia yang tersimpan di bilik-bilik Museum Nasional seru untuk di teliti dan dipelajari oleh wisatawan.

<ncs>