Kuliah Ke Luar Negeri Bukan Lagi Mimpi. Siapkan 5 Hal Penting Ini Dari Sekarang!

adapted from: www.hipwee.com

Kuliah di luar negeri sekarang bukanlah hal yang tabu lagi. Semua ketakutan, ketidakmampuan maupun momok-momok lainnya sudah ditepis oleh pembuktian orang-orang Indonesia yang bukan hanya bisa kuliah di luar negeri, bahkan banyak yang mengungguli prestasi mahasiswa dari negara lain termasuk negara tempat mereka kuliah. Ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan dari sekarang kalau kamu sungguh-sungguh ingin kuliah ke luar negeri. Let’s see!

1. Beasiswa

www.pdii.lipi.go.id
adapted from: www.pdii.lipi.go.id

Biaya yang mahal sebenarnya bukan masalah, ada banyak beasiswa yang bisa meringankan beban kamu! Kalau kamu serius pengen dapet beasiswa, biasanya kamu bakal cari informasi tentang beasiswa dan persyaratannya sampai ke detail-detailnya. Contohnya, ketika kamu udah fix banget pengen lanjut ke America, salah satu beasiswa yang bisa kamu perjuangkan adalah Beasiswa Fulbright. Ini adalah beasiswa fully-funded dibawah lembaga AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation). Kamu bisa cek persyaratan, apa saja yang di cover, dan lain-lain disini: www.aminef.or.id atau bisa tanya-tanya melalui email: infofulbright_ind@aminef.or.id.

Kalau kamu bener-bener niat ke America, beasiswa ini sangat recommended! Beasiswa ini menanggung mulai dari masa persiapan, berangkat dan hidup di America sampe kamu lulus. Kamu gak perlu ngeluarin duit sepeser pun intinya! Ada banyak beasiswa yang masa persiapannya kayak tes TOEFL, IELTS, surat-menyurat dan lain-lainnya harus bayar sendiri, tapi Fulbright, semuanya bener-bener di cover loh! Selain Fulbright, ada juga Chevening kalau kamu mau ke UK, atau AAS kalau kamu mau lanjut ke Australia. Intinya, kamu googling aja, beasiswa kemana aja ada kok asal rajin baca!

2. Detail Knowledge

blogs.law.nyu.edu
adapted from: blogs.law.nyu.edu

Yap, sebelum kamu memutuskan beasiswa mana yang mau kamu perjuangkan to the fullest, kamu harus tahu dulu negara mana yang bakalan kamu jadikan tempat belajar. America? UK? Australia? India? Kamu harus benar-benar tahu detailnya. Kenapa kamu pilih negara ini? Apa kampus yang kamu pilih punya jurusan yang mau kamu ambil? Sistem belajarnya gimana? Yang paling penting adalah lingkungan tempat tinggal! Biasanya, setiap beasiswa punya policy-nya masing-masing. Ada yang menyerahkan urusan tempat tinggal ke pihak kampus misalnya di dorm. Ada juga yang membebaskan kamu mau tinggal dimana aja yang penting uang dikasih jleb, lebih atau kurang itu urusan kamu.

Nah, untuk tempat tinggal, ada banyak pilihan sebenarnya, kamu bisa tinggal di dorm kalau mau lebih murah, atau sharing apartment bareng temen yang cocok sama kamu jadi kamu bisa belajar lebih nyaman dan biaya kan di-share jadi gak terlalu mahal deh. Biasanya di setiap negara punya kayak sebuah konsultan properti yang bisa ngurusin hal-hal ginian. Contohnya, di Australia, salah satu yang paling terkenal itu SAMCG, Student Accommodation Management Consultant Group: samcg.com.au. Jadi kamu tinggal contact terus bilang budget kamu segini, kamu gak bisa tinggal sama orang lain, atau bisa gak cariin temen untuk apartment yang nyaman gak apa-apa mahal dikit, pokoknya, apapun kebutuhan kamu, kamu tinggal bilang, terus udah deh, mereka yang urus. Kamu tinggal wait and see. Hehe. Keren yak? daripada repot-rempong, boleh dicoba kan?!

3. Bahasa

adapted from www.colleges.unimelb.edu.au
adapted from: www.colleges.unimelb.edu.au

Hellooo, kalau kamu gak bisa bahasa setempat atau Bahasa Inggris gimana mau ikut proses belajar-mengajar? Hehe. Biasanya, setiap negara ada yang mengharuskan kamu bisa bahasa setempat atau at least, Bahasa Inggris dengan skor TOEFL atau IELTS yang sudah ditetapkan tentunya. Ada juga, kayak di Russia, beberapa universitas, bahasa pengantarnya Bahasa Russia jadi kamu mesti ikut kelas persiapan bahasa. Lamanya tergantung kemampuan kamu dan progress kamu. Jadi, soal bahasa ini juga harus kamu persiapkan dari sekarang ya!

4. Aplikasi

adapted from www.customwritinghelpuk.wordpress.com
adapted from: www.customwritinghelpuk.wordpress.com

Jangan pernah remehkan persyaratan administrasi ya! Persyaratan itu adalah syarat utama yang harus stand out! Bayangin aja, yang melamar setiap tahun misalnya dua  ribu orang, mau dibaca semua? Gak! diliat aja, di skimming, kalau kamu stand out, punya kamu bakal disisihkan untuk diikutkan ke tahap selanjutnya. Jadi, essay, surat rekomendasi, CV dan lain-lain harus jujur, tegas tapi memperlihatkan keunggulan dan motivasi kamu. Biasanya di beberapa kota ada kelas persiapan beasiswa yang held by alumni mahasiswa lulusan luar negeri, kamu wajib ikut! Disini kamu bakal diajarin cara buat essay yang benar, interview beasiswa itu gimana, pokoknya mantap deh!

5. Self-Determination

adapted from: id.walls321.com
adapted from: id.walls321.com

Motivasi aja gak akan pernah cukup untuk membawa kamu meraih mimpi-mimpi besar kamu. Karena motivasi masih bicara tentang “apa”. Apa motivasi kamu? Orang tua? Mimpi? Bersaing sama pacarnya mantan? Abu-abu! motivasi itu akan hilang seiring dengan apa yang terjadi dengan sumber motivasi kamu.

Kamu harus punya self-determination alias tekad. Ini yang paling penting, kalau kamu udah bertekad mau kuliah keluar negeri, sesibuk apapun kamu, kamu pasti tetep konsisten belajar TOEFL atau IELTS walau cuma lima menit sehari. Tekad yang buat kamu ngelengkapin aplikasi, ikut tutor-mentor sana-sini, belajar nulis essay, CV dan sebagainya. Intinya, tekad itu kayak darah, menyatu dengan kamu. Jadi, dimanapun kamu berada, dia juga tetap ada di dalam diri kamu, gak peduli apapun yang terjadi. Eaaaak, kok jadi puitis gini ya? Hehe. Pokoknya, yang gak boleh hilang dari diri sang pejuang adalah tekad. Kalau tekad kamu udah gak ada, berarti darah kamu udah habis. Tahu apa yang akan terjadi kan kalau darah kamu habis?!


Artikel Terkait