5 Hal yang Perlu Kamu Persiapkan Sebelum Memutuskan Untuk Menikah

menikah

Menikah adalah salah satu impian terbesar bagi setiap orang. Siapa sih yang tidak ingin menikah dan menyempurnakan separuh imannya. Kamu pasti berpikir bahwa pernikahan adalah hal indah yang mendatanagkan kebahagiaan, benar sekali. Tetapi untuk menjalaninya itu tidak lah mudah.

Terkadang untuk menikahpun ada perjalananan yang mesti dilalui. Ada persiapan-persiapan yang mesti dilalui agar dapat memantapkan hati untuk sebuah pernikahan. Sebab pernikahan bukan hanya persoalan status, pernikahan tentang tanggung jawab, tentang komitmen. Nah berikut ini ada beberapa hal yang mesti kamu persiapkan sebelum memutuskan untuk menikah. Semoga bermanfaat!

1. Persiapan mental

Menikah itu bukan hanya soal status saja sob, lebih dari itu. Ini soal berkomitmen untuk hidup berdua dalam ikatan suci. Bisa kamu bayangin gak begitu sakralnya sebuah pernikahan. Jadi, bagi kamu yang masih berpikir bahwa menikah itu untuk kesenangan, lebih baik banyak-banyak belajar lagi. Sebab akan banyak tantangan dalam pernikahan, tanpa kesiapan mental maka lambat laun apa yang sudah kamu putuskan akhirnya bisa berakhir sob.

2. Kamu harus bisa diandalkan

Terutama untuk pria nih, kamu harus bisa menjadi suami yang diandalkan ketika menikah nanti. Sebab segala hal tentang wanita yang kamu nikahi adalah tanggung jawabmu. Kamu adalah kepala keluarga dan tulang punggung keluarga. Oleh karena itu, dibutuhkan kesiapan untuk dapat menanggung semua tanggung jawab sebagai kepala keluarga. Siap gak tuh kira-kira?

3. Dibutuhkan kedewasaan

Pernikahan itu berbeda dengan pacaran sob. Kalau saat pacaran, ketika marahan kalian bisa putus lalu nyambung lagi. Begitu aja sampai gak ada habis-habisnya. Berbeda dengan pernikahan, ini persoalan janji suci di depan Tuhan. Kamu tidak bisa menjadikan pernikahan sebagai mainan. Masa iya, ntar cerai rujuk, cerai rujuk. Gak berlalu hal seperti itu di dalam pernikahan. Oleh karena itu, dibutuhkan kedewasaan antara kamu dan calonmu sebelum menikah. Kalian harus sama-sama yakin bisa bersikap dewasa bila nanti terjadi masalah di dalam pernikahan kalian.

4. Yakin dengan keputusan menikah

Sudah dijelaskan berkali-kali bahwa pernikahan itu bukan tempatnya mencari kesenangan saja. Ada tanggung jawab besar di dalamnya. Oleh karena itu, dibutuhkan keyakinan di antara kalian sebelum memutuskan untuk menikah. Kalian tidak bisa ragu sedikitpun, sebab kalian tidak mau kan menyesal nantinya?

5. Persiapan materi

Kalau yang satu ini gak terlalu mendasari sebuah pernikahan sih, namun walau bagaimanapun persiapan materi itu penting. Sebab saat di awal kalian membangun sebuah rumah tangga, akan banyak hal-hal yang perlu kamu beli dan itu semua membutuhkan materi yang gak sedikit. Namun bagi kalian yang percaya bahwa Tuhan akan memberikan rezeki lebih setelah menikah, gak masalah! Cuma jangan sampai, persoalan materi membuat pernikahan kalian jadi gak harmonis.


Artikel Terkait