Beginilah Cara Kerja Hacker Menyadap Percakapan dari WhatsApp!

Ika Nur Cahya Sartika

Siapa yang tak mengenal aplikasi pesan online yang bisa otomatis mensinkronkan pengguna dari kontak telepon? Apalagi kalu bukan WhatsApp. Aplikasi pesan online ini berhasil menduduki posisi puncak sebagai penyedia pengirim pesan online yang sering digunakan oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Untuk kenyamanan penggunanya, WhatsApp sempat menggulirkan update yang diklaim mampu membuat semua percakapan yang dikirim maupun diterima oleh pengguna bisa terlindungi oleh sistem yang dinamakan enkrispsi end-to-end. Dengan sistem ini, WhatsApp menjelaskan bahwa yang mampu melihat isi pesan yang dikirimkan melalui WhatsApp hanya bisa dilihat oleh di penerima dan pengirimnya saja, bahkan WhatsApp menegaskan bahwa pihaknya pun tidak bisa melihat chat yang dikirimkan penggunanya.

Tapi sayangnya fitur yang disediakan WhatsApp pada bulan juni lalu mulai muncul beberapa bug yang membuat WhatsApp bisa disadap. Wah, bagaimana bisa?

Bagi kamu yang mungkin tidak terlalu memikirkan sisi keamanan, mungkin tidak akan terlalu mengkhawatirkan adanya penyadapan yang bisa dilakukan oleh pihak yang tak bertanggung jawab tersebut bukan? Nah, kali ini team ABe akan membuat kamu lebih memperhatikan betapa pentingnya sisi keamanan dari setiap aplikasi yang kamu gunakan di era teknologi seperti ini, khususnya WhatsApp.

Ternyata setelah membaca di berbagai sumber, mengapa WhatsApp bisa kelalaian hingga bermunculan Bug, yaitu kerena adanya kerentanan di jaringan seluler dunia, Signalling System Seven (SS7). Apa sih SS7 itu?

SS7 itu metupakan sebuah protokol yang memancarkan sinyal dimana sudah ada 800 perusahaan ternama di dunia yang sudah menggunakannya, diantaranya yaitu Amerika, Inggris Raya, hingga Jerman. Nah, WhatsApp pun jadi terpengaruh dengan adanya kerentanan tersebut karena aplikasi ini masih berbasis nomor telepon.

Sebenarnya SS7 tidak bisa menembus enkripsi yang di gunakan oleh WhatsApp, tapi SS7 ini mampu mengelabui operator seluler untuk menduplikasi akun WhatsApp si target. Jika si hacker berhasil menduplikasi nomor telepon, maka dia dengan leluasa bisa menggunakan WhatsApp dengan menggunakan nomor telepon dan alhasil hacker mampu menyadap pecakapan si korban.

Penasaran seperti apa cara kerja Hacker? Simak video berikut ini: