5 Tips Untuk Belajar Efisien Dalam Bekerja

efisien

Bekerja dengan efisien adalah salah satu cara untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dalam manajemen waktu, keefisienan dalam bekerja adalah salah satu faktor yang dapat  menghasilkan kinerja yang lebih baik. Namun sayangnya di dunia nyata, bekerja secara efisien itu sulit sob. Sulit banget!

Oleh karena itu, berikut ada beberapa tips untuk belajar efisien dalam bekerja. Semoga tulisan berikut ini bermanfaat bagi kita semua. Selamat membaca!

1. Berhenti menunda-nunda pekerjaan

Musuh paling utama dari belajar untuk efisien dalam bekerja adalah perasaan ingin menunda-nunda pekerjaan. Percayalah bahwa waktu adalah hal yang gak bisa diulang lagi, jadi selagi masih punya banyak waktu maka kerjakan lah segera semua pekerjaan yang kamu miliki. Kalau kata anak jaman sekarang itu, ketika kita menunda pekerjaan, maka pekerjaan satu akan bertemu dengan pekerjaan yang lain. Lalu mereka akan jatuh cinta dan beranak pinak tanpa kamu sadari. Nah lo? Jadi pelajaran pertama dalam belajar efisien adalah berhenti menunda-nunda pekerjaan!

2. Jangan multi-tasking kecuali memang sudah handal

Multitasking adalah metode bekerja dengan mengerjakan beberapa tugas secara bersamaan. Sebenarnya istilah ini berawal dari aktivitas kerja komputer atau gadget. Namun di dunia pekerjaan istilah ini juga mulai populer. Sayangnya kita bukanlah smartphone atau komputer yang dapat melakukan beberapa pekerjaan dalam waktu bersamaan. Komputer aja bisa nge-hang kalau dipaksakan melakukan banyak pekerjaan. Begitu pula dengan manusia, kalau gak terbiasa untuk melakukan banyak pekerjaan secara bersamaan, sebaiknya jangan dipaksa. Bukannya selesai itu semua tugas. Malah sebaliknya, gak efisien!

3. Fokus saat bekerja

Efisien itu butuh kerja keras loh sob, butuh kefokusan saat bekerja. Kamu gak bisa mencampur adukan masalah pekerjaan dengan urusan yang lain. Oleh karena itu, penting untuk kamu menyusun jadwal yang jelas setiap minggunya. Sehingga urusan satu dengan yang lain gak saling bertabrakan. Kalau udah bertabrakan ntar kamu juga yang bakalan repot sendiri, ujung-ujungnya malah stres.

4. Berhenti bekerja saat lelah

Manusia bukanlah robot yang bisa dipaksa bekerja, manusia juga punya keterbatasn. Kamu gak bisa memaksa tubuh dan pikiran terus bekerja di kala badan sudah lelah. Malahan ketika kamu memaksa bekerja di saat lelah, hasil kerjamu tidak akan maksimal. Lalu bagaimana jika memang harus lembur? Gak masalah. Yang penting kamu wajib menyediakan waktu untuk istirahat walau hanya sebentar. Sebab, sekali lagi manusia bukan robot!

5. Mulai harimu lebih awal

Salah satu tips untuk bekerja lebih efisien adalah dengan memulai hari lebih awal. Sebab pagi hari adalah waktu paling baik untuk bekerja, sebab energi masih full untuk digunakan bekerja. Pagi adalah waktu yang paling tepat untuk menjemput rezeki. Hatipun juga masih syahdu aja, apalagi ditemani hawa sejuk dan cahaya mentari yang menghangatkan. Oh iya, biasakan juga untuk sarapan di pagi hari sebelum pergi bekerja ya sob!


Artikel Terkait