Marhaban Ya Ramadhan! Ini 5 Persiapan H-9 Ramadhan!

Marhaban ya Ramadhan

Wah wah wah, , , gak kerasa ya bulan ramadhan tinggal menghitung hari, yup seneng deh rasanya masih bisa dipertemukan dengan bulan penuh berkah ini, seperti sabda rasulullah SAW “siapa bergembira dengan masuknya bulan ramadhan, Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka”.

Wah. . . Benar-benar bulan yang dirindukan ya,, hm, , , tapi bahagia aja gak cukup sob, kita perlu juga mempersiapkan beberapa hal untuk menyambut bulan suci ini biar lebih bermakna gitu ramadhannya. Yuk kita simak 5 hal yang harus kita persiapkan dalam menyambut bulan ramadhan. . .

Kuat jasmani

Ini dia hal mutlak yang perlu kita jaga, tau kan dalam bulan ramadhan kita akan menjalankan ibadah puasa, yang artinya menahan diri dari haus dan lapar dan juga hawa nafsu dari terbit hingga terbenamnya matahari. So, kondisi fisik perlu diperhatikan dari sekarang, dimulai dari olahraga teratur dan pola makan yang gak berlebihan, biar ibadah puasanya bisa di jalani dengan maksimal dengan kondisi tubuh yang fit. Semangat!

Bersihkan hati

Ramadhan adalah bulan yang suci, seperti itu juga seharusnya kondisi hati kita, oleh karena itu sesuatu yang masih kotor kayaknya harus perlu deh segera di bersihkan. Segera jauhkan hati dari sifat yang merugikan dan bersihkan hati dari noda-noda hitam yang akan membuat cacat amal kita nantinya. Hm, , , semua ini tak terlepas agar segala ibadah yang kita lakukan ketika bulan ramadhan nantinya disambut dengan kondisi hati yang baik dari luar maupun dalam, dan harapannya kondisi ini dipertahankan terus ya sob dengan bulan yang lain, selamat berjuang!!!

Membuat target ramadhan

Nah ini dia, hal yang perlu juga dipersiapkan dari sekarang. Membuat targetan ramadhan, kenapa?? Secara gitu, dibulan suci ini segala ibadah dilipat gandakan pahalanya, jadi sayang banget deh jika moment ini dilewati gitu aja. Targetan ini gak perlu muluk-muluk sih sob, yang penting mampu kita jalani secara istiqomah, seperti targetan tilawahnya one day one juz, qiyamul lail, sholat rawatib, al-matsurat, sholat dhuha, buat buku cerita dalam bulan puasa, atau membuat diary selama ramadhan.. Pokoknya banyak deh sob, selagi itu positif, lanjutkan!

Menabung

Poin satu ini gak kalah penting juga sob, secara di akhir ramadhan kan ada perayaannya yaitu idhul fitri, suatu moment untuk mensyukuri kita mampu menjalani bulan ramadhan dengan baik, dan biasanya dalam moment ini kita tidak terlepas dari sesuatu yang baru di mulai dari baju baru, sepatu baru, bahkan cat rumah baru, hehe.. Hm,, jadi dari sekarang mulai deh untuk menabung sebagian harta yang dimiliki, apalagi yang memiliki banyak keponakan, hehe, tapi hal ini jangan dipaksakan juga ya. Tak perlu berlebihan yang penting cukup!

Banyak Berbuat baik

Ohya, di bulan ramadhan, amal kebaikan kita dilipatgandakan lho! So, lipatgandakan juga kebaikan kita agar di akhir ramadhan kita benar-benar “menang” di hari kemenangan. Siap?

Gimana? Udah makin mantap kan menyambut bulan ramadhannya? Percaya deh dengan persiapan yang matang bulan ramadhan akan lebih indah. Marhaban ya Ramadhan!


Artikel Terkait