Hai Wisudawan/Wisudawati, Setelah Tamat Kamu Termasuk yang Mana?

wisudah bareng sahabat

Wisuda adalah moment terindah yang dirasakan oleh setiap mahasiswa. Wisuda juga menandakan kita telah mendapatkan gelar sarjana yang telah diperjuangkan bertahun-tahun lamanya. Dengan berwisuda langkah menuju karir pun semakin terbuka. Namun, tidak semua wisudawan/wisudawati memilih untuk berkarir ataupun langsung dapat kerja lho. Ada beberapa pilihan yang bisa saja dipilih ataupun menghampiri kamu para wisudawan/wisudawati. Nah, berikut ini adalah ulasan yang telah ABe rangkum. Hayoo kamu termasuk yang mana?

1. Lanjut Study

Opsi yang satu ini merupakan pilihan yang banyak diminati oleh para wisudawan/wisudawati. Setelah gelar S1 didapat, banyak yang memilih melanjutkan study untuk mendapat gelar selanjutnya. Hal ini di pilih karena berbagai alasan yang tentunya menjadi pilihan bagi pribadi masing-masing. Ada yang ingin melanjut study keluar negeri ataupun dalam negeri dengan berburu beasiswa. Opsi ini banyak di pilih oleh para wisudawan/wisudawati yang ingin mengembangkan kemampuannya menjadi lebih baik lagi.

2. Bekerja

Bekerja adalah salah satu keinginan terbesar bagi wisudawan/wisudawati yang ingin dicapai.. Bekerja adalah suatu hal yang sangat vital adanya. Dengan bekerja, kebutuhan hidup kita pun akan terpenuhi. Di dalam bekerja, latar belakang  pendidikan kita pun sangat menentukan dibidang kerja apa kita nantinya. Oleh karena itu, banyak orang mengejar pendidikan sarjana, agar nantinya mendapatkan pekerjaan yang sesuai sehingga dapat membantu untuk kehidupan yang lebih baik lagi dan memanfaatkan ilmu sarjana yang telah di dapat.

3. Menikah

Tidak dapat dipungkiri menikah setelah wisuda adalah hal yang wajar adanya. Kenapa tidak, kalau udah waktunya dan jodoh telah ada buat apa ditundakan. Nah, kalau ada di antara teman kita yang menikah setelah wisuda jangan kaget ya. Atau kamu yang mau menikah setelah wisuda itu lumrah kok. Karena pendidikan tinggi itu bukan hanya untuk berkarir saja, melainkan untuk mendidik anak kita kelak. Tidak menutup kemungkinan juga setelah menikah bisa berkarir juga kan.

4. Berwirausaha

Bagi para wisudawan/wisudawati yang hobby berwirausaha, pilihan ini merupakan hal yang tepat dan sesuai jika dilakukan. Berbisnis setelah wisuda bisa menjadi pilihan yang oke banget deh. Apalagi yang udah merintis usaha pas kuliah, setelah wisuda usahanya bisa dikembangkan lebih baik lagi. Mengingat saat ini kita sudah fokus berwirausaha aja kan, tanpa memikirkan kuliah lagi. Jadi, pilihan berwirausaha setelah wisuda bisa menjadi salah satu hal yang bisa kamu coba.

5. Nganggur

Kalau yang ini sih, bukan salah satu opsi yang harus dipilih lho. Menganggur ataupun nganggur setelah kerja merupakan keadaan dimana kita belum mendapatkan kerja. Bisa juga disebut sebagai tenggang waktu kita menunggu panggilan lanjutan setelah lamaran disebar kemana-mana. Walaupun waktu menunggu itu pun bisa berbulan-bulan lamanya. Kalau ada diantara kalian  para wisudawan/wisudawati yang tersangkut di posisi ini, intinya jangan putus asa ya. Tetap berusaha dan jangan nyerah. Yakin aja deh, rezeki itu akan datang diwaktu yang tepat.

 


Artikel Terkait