Pengen Kuliah Ke Luar negeri? Ini 5 Hal yang Wajib Kamu Persiapkan Dari Sekarang!

study-abroad

 

Banyak siswa yang masih sekolah maupun kuliah yang sangat ingin melanjutkan studinya ke luar negeri. Tidak masalah jika kamu masih kelas 1 SMA atau masih semester pertama kuliah. Semakin diri kamu mempersiapkan, semakin matang dan semakin besar peluang kamu untuk diterima. Setuju? Nah, yuk persiapkan 5 hal ini dari sekarang sis, broh!

1. Tujuanmu

Tujuanmu itu yang paling penting. Mau kemana? Jurusan apa? Universitas apa? Biayanya berapa? Mata kuliah nya apa aja? Kamu suka gak? Goals kamu ambil jurusan itu apa? Kamu harus tahu sedetail mungkin tujuan kamu, sehingga ketika kamu visualisasikan, semua hal dan tujuanmu kamu tergambar dengan sangat detail sehingga kamu gak bingung atau meraba-raba lagi. Kamu benar-benar tahu tujuanm to he fullest!

2. Persyaratan

Cari persyaratan beasiswanya maupun syarat masuk universitas tersebut sedetail mungkin. Persiapkan sedari sekarang! Contohnya, personal essay, gak cukup satu minggu ngebuatnya. Dari sekarang, membaca punya alumni atau orang-orang yang sudah pengalaman sebelum kamu jauh lebih baik. Research everything! Buat seperfect mungkin!

3. Finansial

Iya sih, walaupun kamu pengen beasiswa, namun, jika gak kesampaian, setidaknya dari sekarang kamu udah nabung, mana tahu, sekarang kamu kelas satu SMA, lalu 3 tahun lagi, jebol di luar negeri, tapi gak jebol beasiswa, setidaknya kamu punya tabungan! Entah itu sendirian atau gabung sama ortu. Kalau ortu kamu support da cukup mampu, itu jauh lebih baik lagi. Ada banyak tabungan pendidikan zaman sekarang kalau ortu kamu berminat.

4. Organisasi

Organisasi gak kalah penting. Sangat penting malah! Mereka mau lihat jiwa kepemimpinan kamu lewat organisasi yang kamu ikuti. Apa posisinya, Gimana tanggung jawab kamu. Mereka bener-benar ingin tahu track record kamu! Acieeeh. Ha-ha.

Intinya, semakin aktif kamu di organisasi dan akademik, kamu punya nilai lebih, tanggung jawab dengan sekolah atau kuliah dan punya kepedulian terhadap sesama ketika kamu mengikuti organisasi. Jadi, yang sekarang masih males ikut organisasi, kalau mau kuliah ke luar negeri pakek beasiswa, ikutin organisasi deh. Awalnya kamu mungkin terpaksa, tapi lama-lama pasti kerasa asyiknya. Berassaaaa!

5. Mental

Mental percaya diri, optimis. Kamu harus punya ini dari sekarang! Jangan mental kalah dan pengecut dong! Karena kalau kamu percaya diri dan optimistic, kamu bakal jadi orang yang semangat menggapai mimpi kamu. Kamu bisa ikuti pertukaran pelajar atau event-event international kayak camp di Indonesia dengan orang-orang luar negeri yang ikut involve. Sedikit banyak kamu akan belajar tentang karakterisitik dan budaya mereka. So, kamu sedang membangun mental kamu! See now?


Artikel Terkait