5 Berita 2016 yang Telah dan Masih Menggemparkan Indonesia!

NYALA-UNTUK-YUYUN-0405201614

 

1. Nyalakan Lilin Untuk Yuyun

Hashtag ini sempat menjadi trending topik di media sosial. Banyak demonstrasi yang dilakukan khususnya oleh mahasiswa agar kasus ini diperhatikan dan pelaku dihukum seberat-beratnya.

Yuyun, siswi SMP di Bengkulu yang diperkosa 14 pria lalu dibunuh dan dibuang ke jurang. Kasus ini sempat redup dan berkat aksi solidaritas masyarakat Indonesia yang begitu peduli. Kasus ini berhasil dipecahkan. Pelaku telah ditangkap dan akan dihukum 10 tahun penjara.

2. Bunuh Dosen Karena Skripsi?

Mahasiswa UMSU yang menggorok leher dosennya sendiri juga masih menghebohkan Indonesia. Banyak meme-meme yang dibuat setelah berita ini dirilis. Awalnya, beberapa media menuliskan penyebab pembunuhan ini adalah skripsi.

Namun, setelah diusut, pelaku membunuh dosennya karena dendam sering dimarahi bunda (panggilan akrab dosen ini). Bukan tanpa sebab tentungnya, korban memarahi pelaku karena pelaku sering memakai kaos saat belajar dan juga dikenal tidak sopan dan sengak menurut siswa lain. Sementara dosen micro teaching sekaligus mantan dekan ini dikenal baik hati dan ramah.

3. Aleppo is Burning

Walau tidak terjadi di Indonesia dan tidak terlalu heboh di media massa. Tapi aksi solidaritas bangsa Indonesia sangat patut diacungi jempol. Banyak isu yang tersebar, berita ini tidak diboomingkan media Indonesia karena kongkalikong antara si dia dan si doi (if you know what I mean). Tapi masyarakat Indonesia khususnya mahasiswa terus berusaha melakukan penyebaran berita melalui media sosial dan aksi penggalangan dana. Salut!

4. Petugas Kebersihan Bunuh Mahasiswi Karena Tak Punya Uang

Berita selanjutnya yang menyita perhatian masyarakat Indonesia adalah kasus pembunuhan Mahasiswi UGM, Feby Kurnia yang berasal dari Batam. Feby dibunuh Eko, petugas kebersihan di pagi hari. Feby yang rajin datang awal sebelum perkuliahan yang pada hari itu akan dimulai jam 7.30, datang jam 6 pagi dan pergi ke toilet. Saat itu belum ada mahasiswa lain. Hanya ada mereka berdua di lantai 5 FMIPA UGM. Saat itulah pelaku melancarkan aksinya. Pelaku membunuh Feby dengan alasan tak punya uang. Pelaku membawa 2 handphone Feby dan sepeda motor Feby yang dibawa Feby dari Batam.

5. Siswi SMA Bunuh Bocah SD Karena Di-bully “Cabe-Cabean”

Motif berbeda dilakukan oleh siswi SMA yang sering di ejek korban dan ibu korban “Cabe-Cabean”. Korban adalah seorang Bocah SD. Hari itu, pelaku mengiming-imingi korban dengan uang 5 ribu, dan meminta korban mengikutinya. Sesampainya di sumur, pelaku meminta korban melepas anting-antingnya tapi korban tidak mau. Lantas pelaku mendorong bocah tersebut hingga jatuh ke sumur sedalam 4 meter.

Hmm… Dari kasus-kasus menggemparkan diatas, semoga kita bisa lebih waspada lagi. Berhati-hati kapanpun dan dimanapun, menjaga ucapan dan tidak membully, dan saling membantu sesama. Jika terlintas di benak untuk melakukan hal-hal seperti pembunuhan dan pemerkosaan, atau prilaku kriminal lainnya, lebih baik ceritakan masalah kita kepada orang-orang yang bisa membantu dan kontrol emosi kita dengan cara mendekatkan diri kepada Tuhan.

 

 


Artikel Terkait