5 Alasan Kenapa Kamu HARUS Punya Tujuan Hidup

Tujuan Hidup

Ketika kita berpergian kita harus tahu kemana tujuan, untuk apa kita pergi, dan kapan kita harus memulai bepergian. Begitu pula dengan hidup. Kita harus punya tujuan, apa yang hendak kita capai dalam hidup. Bahkan orang yang selalu mengatakan bahwa dirinya hanya mengikuti alur mempunyai tujuan dalam hidupnya. Kita tidak dapat hidup tanpa punya tujuan yang jelas.

Namun terkadang dalam perjalanan kita menemui keraguan akan tujuan hidup. Bingung ketika ditempatkan untuk memilih ke arah mana harus berjalan. Buang semua keraguan sebab percayalah apa yang kita putuskan hari ini akan menentukan di mana tempat kita berdiri nanti di masa depan. Jadi, bagi kamu yang masih ragu mungkin tulisan kali ini akan membantu meyakinkanmu bahwa memiliki tujuan dalam hidup itu PENTING! Ini beberapa alasannya:

1. Agar kamu tahu arah mana yang akan diambil

Tujuan dalam hidup akan menentukan ke arah mana kamu akan berjalan. Misalnya, kamu ingin menjadi dokter nantinya sebagai karir. Sudah pasti kamu mesti mengambil jurusan Kedokteran ketika kuliah nanti. Ketika kamu sudah punya tujuan, entah itu berhubungan dengan karir, kehidupan pribadi, atau pun impian yang lain. Maka, akan dengan mudah tahu apa yang mesti kamu lakukan hari ini untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Tujuan akan mengantarkanmu pada kebahagiaan hidup

Sebenarnya dalam hidup itu kita hanya punya satu tujuan yang sama, yaitu kebahagiaan. Namun bentuk kebahagiaan masing-masing orang itu berbeda. Jadi, apa saja tujuan atau impianmu akan mendekatkanmu dengan kebahagiaan hidup. Misalnya, kamu memiliki impian untuk mendaki puncak tertinggi di dunia, ketika kamu mendapatkannya apakah itu semua hanya perihal sebuah tujuan yang berhasil dicapai atau kebahagiaan yang kamu rasakan? Coba deh renungkan sendiri. Pasti kamu akan menemui jawabannya))

3. Sebagai motivasi dalam hidup

Apakah kamu punya gairah hidup ketika hidup hanya mengalir seperti air? Gak bakalan! Itulah pentingnya sebuah tujuan dalam hidup. Tujuan akan memotivasimu untuk terus berjuang dalam hidup. Hidup tanpa tujuan seperti punya motor tapi gak ada bensin. HAHA Mungkin kamu punya orang-orang dekat yang setia memberimu motivasi, namun jika dalam dirimu tidak ada tujuan dalam hidup. Semua akan menjadi percuma. Sesungguhnya motivasi itu datang dari dalam diri kita dan menatap tujuan hidup adalah motivasi terbaik yang kita punya.

4. Menjauhkanmu dari stres

Setiap orang pasti pernah merasakan kegagalan ataupun kekecewaan. Apakah itu menyakitkan? IYA! Apakah kamu mau membiarkan hidupmu jatuh dalam sakitnya kekecewaan? GAK! Selama kamu punya tujuan dalam hidup ini, maka selama itu pula kamu punya alasan untuk bangkit dan bangkit lagi. Sebuah tujuan hidup akan menjauhkanmu dari stres atau bahkan depresi yang bisa kamu alami ketika merasakan sakitnya kekecewaan.

5. Membantumu untuk bisa memilih mana yang benar dan salah

Dalam hidup sebenarnya benar dan salah itu hanyalah soal perspektif. Terkadang hal ini sangat sulit kita pahami, namun percayalah bahwa tujuan hidup akan membantumu untuk membedakan mana yang benar dan mana yang salah bagimu.


Artikel Terkait