5 Alasan Mengapa Menghargai Dirimu Adalah Kunci Dalam Mengenal Diri

menghargai dirimu

Apa sih yang membuat kita merasa gagal dalam sesuatu? Pertanyaan ini menjadi susah sekali dijawab, sebab kita sulit sekali menerima sebuah kegagalan. Padahal, dalam hidup yang namanya gagal itu gak ada sob. Gak percaya? Buka pikiran kita lebih luas lagi. Kamu pasti ngerti deh kenapa.

Masih gak ngerti juga? Jadi gini, satu hal yang perlu kamu tanamkan dalam benak adalah “we get what we give”. Jadi, ketika kamu gak lulus ujian atau apalah itu. Itu semua bukanlah kegagalan, we deserve to get it. Semua ketidak beruntungan yang kita rasakan, ya itu lah hal yang pantas kita dapatkan dari apa yang telah kita usahakan. Ngerti?

Kalo ada yang curang gimana? Terus lulus pake suap? Itu diluar kemampuan nalar dan hati manusia sih. Yang kaya gitu sih urusannya sama Tuhan Yang Maha Esa. Jadi, gak sepantasnya banget kita menganggap diri kita gagal ketika tidak mendapatkan apa yang kita inginkan. Hargailah dirimu dan segenap usaha yang telah kamu lakukan, sebab itu besar sekali manfaatnya buat dirimu sendiri. Ini alasannya:

1. Dapat membangun kepercayaan diri

Ketika kamu sudah menghargai dirimu dan semua usaha yang telah kamu lakukan, maka dengan begitu kamu dapat membangun kepercayaan dalam dirimu sob. Rasa menghargai diri itu layaknya katalis sob, jadi tanpa kamu sadari sih hal itu dapat mengugah rasa kepercayaan dalam diri. Misalnya, ketika kamu ujian aja deh. Kamu udah belajar keras nih, setelah itu kamu respect dengan usaha yang telah kamu lakuin. Dengan begitu, apapun hasil yang bakal kamu peroleh kamu sih biasa aja, sebab kamu udah percaya ama diri dan usaha kamu.

2. Mengajarkanmu untuk menerima kritikan dari orang lain

Ketika kamu udah menghargai dirimu sepenuhnya, maka kamu bakal mampu untuk menerima semua tanggapan orang tentang dirimu sob. Kamu gak takut untuk dikatakan pribadi yang buruk atau apalah. Sebab kamu lebih tahu dirimu dibanding orang lain. Intinya gini deh, gimana orang lain bisa menghargai dirimu jika kamu gak menghargai dirimu sendiri. Orang yang gak suka sama kritikan itu adalah orang yang gak kenal sama sekali dengan dirinya.

3. Menunjukkan betapa berharganya dirimu

Terkadang manusia itu kurang menyukuri apapun yang ada dalam dirinya. Terlalu melihat sesuatu jauh ke horizon yang lain, asekk. Tapi ini beneran loh, kapan terakhir kali kamu merasa bahwa dirimu itu berharga loh? Jarang kan? Sebab kamu gak tahu dan gak tahu caranya untuk melihat itu. Maka, hargailah dirimu sendiri sob dan kamu bakal liat deh, bahwa kamu itu berharga loh. Kamu tuh lebih besar daripada yang kamu bayangin selama ini.

4. Akan menjauhkan diri untuk membanding-bandingkan

Manusia itu suka membanding-bandingkan. Bahkan dirinya sendiri kadang mesti dibanding-bandingkan dengan orang lain. BUAT APA? Setiap orang punya jalan hidup masing-masing. Bahkan buat dua orang yang punya mimpi sama saja, punya jalan dan usaha yang berbeda. Lantas buat apa dibandingkan. Keep your view in your track. Hargai setiap langkah yang kamu lalui, hargai dirimu sendiri. Maka, gak perlu kamu harus mencari-cari orang lain sebagai pembanding.

5. Mengajarimu untuk mengenal diri

Cara paling jitu untuk mengenal diri adalah dengan menghargai dirimu sendiri. Ini bukan hanya cara paling jitu saja, namun cara pertama dalam pengenalan diri. Mengenal diri bukanlah hal sepele loh, jangan dipikir angin lalu saja. Dengan mengenal diri, maka kamu bisa tahu sampai sejauh mana kamu bisa melangkah. Sampai kapan kamu bisa survive dengan apa yang kamu lakukan. PENTING BUKAN?


Artikel Terkait