5 Pekerjaan yang Bisa Kamu Lakukan Sambil Skripsi-an

guru-terbaik-omega

Skripsi itu sebenarnya gak menyeramkan kalau kamu tahan sama prosesnya. Sabar ngadepin pembimbing, sabar revision, sabar intinya. Banyak kok mahasiwa yang Pinter tapi mumet di skripsi malahan keduluan sama yang biasa aja.

Jadi kalau kamu beralasan gak bisa ngapa-ngapain, gak bisa kerja karena mau fokus skripsi, itu adalah sebuah kebodohan umat. #waduh

Tapi kalau kamu kerjanya full time dan nguras tenaga dan waktu banget, ya bisalah dijadikan alasan kamu gak kelar-kelar. Intinya pembagian waktu sih. Berikut ini adalah 5 pekerjaan yang bisa kamu lakukan selama skripsi-an!

1. Part Time Ngajar

Ngajar, part time. Makes sense? Makes sense! Part time paling berapa jam sih sehari? Salam seminggu berapa Kali sih? Kalau kamu ngajar tentang Mata kuliah kamu, kebetulan kamu anak FKIP, malahan bisa ngasah kemampuan ngajar sama nambah ilmu kamu sendiri kan? So. Simple! Banyak kok lembaga-lembaga kursus apalagi zaman sekarang. Asalkan kamu punya kualifikasinya, you will get it!

2. Petugas Swalayan

Kamu bisa jadi petugasnya atau kasirnya. Kerjanya shift gitu jadi kamu masih punya waktu untuk ngerjain skripsi kamu. Kalau tokonya sepi, kamu bisa curi-curi pandang, eh curi-curi waktu buat ngerjain skripsi kamu atau baca Jurnal terkait skripsi kamu. Lumayan kan? Dapet ilmu, dapet gaji, dapet pengalaman!

3. Jaga Warnet

Ini santai banget kerjanya. Kamu tinggal duduk, pas ada yang bayar tinggal Cek computer, masih kembalian kalau butuh kembalian, terus bisanya kamu bisa ngapain aja asal gak pergi dari tempat duduk kamu. Ha-ha

Kamu bisa ngerjain skripsi kamu di sela-sela waktu itu. Dan yang lebih penting lagi, kamu bisa googling sesuka kamu gratisss dengan kecepatan ala Warnet yang gak lelet kayak paket hemat kartu handphone. Keren kan? Sambil menyelam joget-joget! Hahahaha

4. Jualan

Yang lagi booming sih jualan online, karena kalau jualan di toko, modalnya lumayan banyak. Kalau gak mau online dan di toko, kamu bisa bawa jualan kamu ke kampus atau kemana keek. Tapi kalau kamu gak mau terlalu capek, online lebih baik. Tinggal upload, caption, kalau ada yang mau, suruh transfer, kita tinggal packing. Done!

5. Kenek Bus

Yang satu ini juga shift-shift-an. Kerjaannya nunggu duit sama ngasih tiket penumpang. Sumpek memang kalau lagi padat-padatnya. Tapi gajinya lumayan besar dan yang pasti kamu masih punya waktu untuk ngerjain skripsi kamu. Selamat mencoba!


Artikel Terkait