Udah Wisuda Tapi Masih Kebawa  Sumpeknya Kuliah? Ini 6 Hal yang Harus Kamu Lakukan Untuk Menyembuhkan Traumamu

i'm free

Trauma kuliah Masih kebawa ke dunia pra-kuliahmu? Itu bukan hal yang mengherankan! Empat tahun berkutat dengan buku, Jurnal, laporan, tulus tangan, penelitian, skripsi dan segala hal melelahkan itu memang membuatmu tubuh dan pikiran kita lelah meskipun sudah selesai dari semua hal itu.

Sebelum kamu bersibuk dengan pencarian kerja atau Pengeluaran beasiswa, mending kamu sembuhkan dulu Traumamu dengan beberapaa hal berikut.

1. Travelling

Jelajahi lah dunia. Jika tak sanggup, jelajahi Indonesia. Jika tak sanggup juga, jelajahi Kota atau kampung halamanmu. Lihat sisi-sisi berbeda yang ADA di setiap pelosok kampungmu. Kelilingi. Berbaur dengan banyak orang yang sebelumnya tidak kita kenal. Temukan dirimu yang sebenarnya lewat pengslaman di negeri orang. It will be very amazing!

2. Shopping

Shopping gak melulu soal Pakaian ala-ala cewek. Shopping lah hal-hal yang kamu suka, hobimu misalnya. Jika kamu suka anggrek, coba liat-liat tanaman anggrek di berbagi toko bunga. Kamu gak harus membeli, jika kamu gak punya uang. Sensasi ngeliat hal-hal yang kita sukai sudah cukup membuatmu damai kan?

3. Olahraga

Kamu pasti punya olahraga yang kamu suka. Entah itu sepak bola, renang, basket, atau mancing. Gak harus “olahraga” dalam artian sempit. Selain sehat, kamu juga bisa rileks sejenak, melancarkan peredaran darah agar perasaanku mumet itu hilang sedikit demi sedikit.

4. Exchange

Applypertukaran pelajar dan semacamnya. Kalau kamu punya uang, beberapa lembaga bisa mengirimmu kemanapun tanpa mengikuti tes. Kamu bisa memilih untuk tinggal di asrama atau orang tua asuh. Dapet pengslaman baru, asyik pokoknya! Beda dengan beasiswa S2 dan semacamnya. Itu akan membuat kamu gak move on dari traumamu!

5. Volunteering

Menjadi relawan juga sangat menyenangkan. Entah itu dibidang yang kamu pelajarilah sebelumnya ataupun di bidang yang belum kamu tahu. Kamu bisa belajar, bertemu orang-orang baik yang mengabdikan diri mereka untuk menolong orang lain. Kamu akan melihat persepsi unik dari setiap relawan yang kamu ketahui. Trust me, it works!


Artikel Terkait