6 Cara Bertahan Hidup Ala Anak Kos Ketika Kamu Gak Ada Duit

anak-kost

1. Ngebon

Biasanya kalau kamu mudah bersosialisasi, kamu akan punya banyak “relasi” mulai dari ibu-ibu kos, bapak-bapak pengajian, sampai ibu dan bapak yang punya rumah makan atau tempat sarapan atau toko klontong. And you know what? Ketika kamu ditanya, “kok gak makan, John?” Jangan sungkan untuk jawab, “Belum dapat kiriman, Bu.” Atau “Orangtua dikampung belum bisa kirim, Pak”. Percaya deh, bapak dan ibu warung klenteng yang baik akan berkata, “Bon aja dulu, nanti bayarnya pas udah dapet kiriman.” Atau yang paling baik gini, “Kamu ini! Makan ajalah, kayak siapaa aja kamu, John!” Hehehe

2. Ngutang

Ini sungguh tidak disarankan sebenarnya, Karena ngutang itu harus dibayar. Yaiyalah! Tapi jikalau bener-bener kepepet, daripada maling atau Bunuh Diri, mending ngutang kan yaa, tapi jangan lupa dibayar! Kalau gak dibayar, nanti hidup kita tersendat lho!

3. Ngunjungi Kerabat Dekat

Di perantauan, jangan jadi orang sombong, kunjungi sesekali keluarga dekat maupun jauh untuk menyambung silahturahim. Karena ketika kita dalam kesulitan, kita pasti akan butuh bantuan mereka. Bukan berarti ketika gak ada duit kita harus berkunjung Karena “mana tau dikasih duit.” Itu terlalu dangkal. Silahturahim itu sangat disenangi Allah, salah satu ganjarannya adalah, dipermudahnya rezeki. Sambil menyelam minum air, makan pempek dan pizza. Wkwk

4. Nebeng Sama Teman

Punya Temen deket? Wajib! Kita gak bisa hidup tanpa orang lain, tapi kita juga gak boleh terlalu bergabung dengan orang itu. Tapi, memiliki teman dekat itu wajib hukumnya. Tentu aja teman dekat yang tulus dan nerima kita apa adanya, kalau selengek’an atau brengsek ngapain dipertahankan!

Saat kita gak ada uang, teman sejati, tanpa diminta pun akan ngerti kalau dia harus berbagi makan, uang, dan sebagainya sampai kamu punya uang. Dan kamu gak akan sungkan, Karena kalau udah pertemanan sejati, pasti gak akan ada rasa sungkan. Kalau Masih ada, itu namanya teman ecek-ecek.

5. Puasa

Sebenarnya ini bukan pilihan ketika gak ada uang. Tapi, ketika ada uang pun, biasakanlah berpuasa sunnah. Selain menyehatkan, kita juga akan belajar menahan haus dan lapar agar ketika kita gak punya uang, kita sudah terbiasa dengan kondisi tersebut Dan gak mengeluhkan Karena saat puasa, kita gak hanya belajar menahan haus Dan lapar kan? Tapi juga belajar sabar!

Featured images via kasminarif.blogspot.com


Artikel Terkait