5 Tips Aman Melakukan Travelling Sendirian

travelling

Travelling adalah salah satu kegiatan yang mengasikkan, sebab kita bisa pergi ke tempat-tempat menarik. Gak cuma keindahan dari tempat yang kita kunjungi. Dengan travelling, kita bisa mendapatkan pengalaman-pengalaman baru yang pastinya gak semua orang bisa dapatin. Jadi, sehabis melakukan sebuah perjalanan, ada hal-hal baru yang kamu dapatkan dan itu bakal berarti banget buat hidupmu.

Namun ada kalanya kita melakukan travelling sendiri. Ketika kamu melakukan perjalanan sendiri, maka kamu adalah bos yang memutuskan apa yang akan kamu lakukan selama melakukan travelling. Dari mengatur waktu hingga menulis setiap perencanaan, segala hal harus kamu persiapkan sendiri. Tetapi, perlu kamu ketahui, terkadang travelling sendiri malah membuatmu merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, kali ini ABe akan mengulas beberapa tips aman untuk travelling sendirian. Check it out! Semoga bermanfaat!

1. Beri tahu orang terdekat kalau kamu mau bepergian jauh sendiri

Kita gak tahu apa yang bakal terjadi, jadi kitapun harus mempersiapkan diri untuk kemungkinan terburuk. Jadi, bagi kamu yang berniat untuk bepergian sendiri, lebih baik kasih tahu deh orang-orang terdekat seperti keluarga atau teman. Jadi, jika sesuatu hal terjadi pada dirimu. Mereka bisa melacak keberadaanmu sob. Jangan lupa juga memberi update atau sekedar menelpon mereka selama kamu dalam perjalanan. Apalagi bagi kamu yang melakukan perjalanan ke banyak tempat.

2. Jangan memperlihatkan kalau kamu membawa uang banyak

Kejahatan itu terjadi karena ada kesempatan. Jadi, jangan biarkan dirimu untuk memberi kesempatan kepada orang yang berniat jahat sob. Apalagi ketika kamu travelling sendiri. Kalau bisa sih, jangan bawa uang cash yang banyak deh. Kamu bisa pakai kartu debit atau kredit yang lebih aman untuk menyimpan uang. Gunakan uang cash disaat kamu butuhkan saja sob. Jadi, kamu gak terlihat menarik perhatian orang asing dengan melakukan hal ini.

3. Ketika kamu merasa ada orang yang membuntutimu, langsung pergi ke keramaian

Manusia itu punya insting untuk merasakan bahaya dari orang lain. Serius deh. Jadi ketika kamu merasa ada orang yang akan berniat jahat padamu, langsung deh cari tempat yang lebih ramai. Sehingga kesempatan orang tersebut untuk melakukan kejahatan jadi lebih kecil. Kalau bisa, kamu berpura-pura aja seperti sedang melakukan perjalanan bersama grup. Misalnya, di sekelilingmu sedang ada tur wisata, langsung ngikut aja sob. Dari pada hal-hal yang tak diinginkan terjadi kan?

4. Jangan tampakkan dirimu adalah turis

Ini paling penting deh, kebanyakan orang jahat itu bakal mengincar turis kan sebagai objek operasi. Jadi, hal yang mesti kamu lakukan adalah berbaurlah dengan penduduk lokal dan jangan tampakkan dirimu layaknya turis. Misalnya gini, gak usah deh pakai-pakai pakaian atau aksesoris yang lebay, yang menandakan dirimu adalah turis. Hal ini bisa mengurangi resiko kejahatan loh sob. Hati-hati!

5. Jangan tampakkan kalau kamu punya barang-barang mewah

Kalau kamu sedang travelling, apalagi sendiri. Jangan sekali-kali menampakkan kalau dirimu adalah orang yang wah. Simpan aja deh, barang-barang mewah yang kamu punya seperti jam tangan mahal, perhiasan, atau gadget-gadget canggih. Pakai aja ala kadarnya, toh kamu tujuannya untuk jalan-jalan kan? Bukannya nyombong punya banyak barang mewah.


Artikel Terkait