5 Tips Me-Manage “Dompet” Ala Anak Kos

dompet kosong

Akhir bulan selalu menjadi neraka untuk anak-anak kos dengan uang kiriman terbatas. Mie instan selalu menjadi andalan untuk bertahan hidup. Kalau sudah sangat terdesak maka jurus tutup gali lobang menjadi andalan. Kebiasaan ini harus di stop! Mulai sekarang kamu harus bisa mengendalikan dompet kamu dan menjalani hidup yang lebih layak sebagai anak kos. Banyak orang yang bisa bertahan dengan uang yang lebih sedikit daripada kamu tanpa makan mie instan diakhir bulan, jadi mengapa kamu tidak bisa?!

1. List Kebutuhan Pokok

Pertama, kamu harus membuat daftar kebutuhan pokok yang harus kamu beli setiap bulan. Perlengkapan mandi, bumbu dapur maupun buku pelajaran yang penting. Kamu bisa membuat daftar prioritas perlengkapan apa yang sebenarnya benar-benar kamu butuhkan dan yang mana yang bisa dimasukan ke daftar bulan depan. Jadi setiap bulan kamu akan belanja besar untuk kebutuhan.

2. Batasi Pengeluaran Perhari

Kedua, setelah belanja besar untuk kebutuhan pokok. Bagilah uang kamu ke dalam beberapa skala, Uang Internet, Uang fotocopy, Uang bensin, Uang makan dan Uang foya-foya. Kalau kamu memisahkan semuanya, maka kamu akan mengeluarkan uang perhari sesuai dengan kebutuhan. Uang simpananmu adalah uang foya-foya. Dijamin akhir bulan kamu masih bisa makan nasi.

3. Hemat Internet

Ketiga, karena kamu sudah punya uang internet sendiri. Maka kamu harus pandai-pandai mengatur kuota kamu atau nyari wifi gratis untuk menghemat. Jangan sampai kamu mengeluarkan uang lebih banyak karena kebablasan penggunaan internet yang tidak perlu.

4. Usahakan masak

Keempat, dalam anggaran belanja besar, kamu sudah membeli beberapa kebutuhan memasak yang bisa dimanfaatkan. Memasak makanan sendiri di rumah tentunya akan lebih sehat untuk tubuh dan dompet kamu. Kesempatan untuk kamu mengasah kemampuan menjadi chef.

5. Kurangi Hangout

Kelima, kehidupan hangout dengan teman-teman memang sulit ditinggalkan. Jangan sampai gara-gara hemat kamu malah jadi kuper. Sesekali kamu bisa ikut keluar bersama teman dengan menggunakan Uang Foya-foya, asal jangan kelewatan anggarannya ya!


Artikel Terkait