5 Alasan Kenapa Kamu Mesti Minum Air Saat Work Out atau Fitnes

fitnes

Tubuh membutuhkan cairan untuk dapat bekerja maksimal. Fungsi air bagi tubuh diantaranya adalah membantu proses metabolime dan pencernaan tubuh. Terutama ketika kamu sedang melakukan kegiatan yang menguras tenaga, misalnya work out atau fitnes. Air sangat dibutuhkan untuk mengusir kelelahan yang pastinya bakal kamu rasakan. Hobi fitnes gak sob?

Ketika melakukan aktivitas work out, tubuh akan kehilangan cairan jauh lebih cepat dibanding kegiatan lainnya. Sehingga air menjadi sangat penting untuk dikonsumsi saat melakukan fitnes. Berikut ada beberapa alasan mengapa kamu penting sekali minum air ketika melakukan work out. Gak usah berlama-lama lagi ya sob, simak ulasan berikut! Semoga bermanfaat!

1. Menghindari dehidrasi

Karena jumlah air dalam tubuh sangat cepat berkurang ketika melakukan fitnes, maka tubuh sangat rentan terhadap dehidrasi. Jadi bagi kamu yang ingin terhindar dari dehidrasi selama fitnes, maka usahakan lah untuk meminum beberapa teguk air dalam durasi waktu tertentu. Hal ini untuk menjaga jumlah air yang ada dalam tubuh.

2. Menjaga suhu tubuh

Ketika kamu melakukan kegiatan berat apapun itu termasuk fitnes, maka akan terjadi perubahan suhu tubuh. Ibaratnya mesin aja deh, kalau bekerja pasti bakal panas kan. Tubuh kita pun begitu adanya. Di sinilah peran air dalam mengontrol suhu tubuh kita

3. Menyegarkan kembali tubuh yang lelah

Ketika melakukan work out, maka tubuh akan cepat sekali merasakan lelah. Hal itu terjadi karena kita kehilangan banyak energi. Oleh karena itu, kita membutuhkan air untuk menstabilkan kembali tubuh. Air memberikankan energi yang dapat menyegarkan tubuh lelah kita sob.

4. Mengatur keringat yang keluar dari dalam tubuh

Keringat adalah tanda bahwa tubuh kehilangan banyak cairan. Keringat berfungsi untuk mendinginkan suhu tubuh yang meningkat akibat melakukan aktivitas, seperti work out tadi. Oleh karena itu, agar keringat yang keluar tidak terlalu banyak maka usahakanlah untuk minum saat melakukan work out.

5. Menghilangkan haus tanpa menambah kalori

Untuk kamu yang work out untuk menurunkan berat badan, maka usahakanlah untuk meminum air putih saja ketika haus. Sebab, air putih memungkinkan tubuh untuk kembali segar dan menghilangkan haus tanpa harus menambah kalori dalam tubuh. Berbeda jika kamu meminum minuman energi yang punya kadar gula.


Artikel Terkait