Masih Keseringan BAPER? Nih, 5 Kiat Ampuh Buang Baper Jauh-Jauh

baper via http://www.provoke-online.com/

Punya sifat sensitif itu memang terkadang sedikit menggangu dalam pergaulan. Sampai-sampai ada yang namanya istilah BAPER(Bawa perasaan) untuk orang-orang yang sedikit-sedikit ngambek karena hal-hal sepele. Lama-lama sifat ini bikin kita dijauhi teman dan mulai sering gak diajak hangout bareng. Merasa sifat ini mulai mengganggu kehidupan sosial kamu? Segera libas dengan beberapa tips ini!

1.Perluas Pergaulan

Katanya, orang yang dibecandai dikit sudah baper itu mainnya belum jauh. Nah, coba deh perluas perteman kamu, berteman dengan orang yang karakternya beda jauh sama kamu. Pahami cara bercanda mereka yang sekiranya masih dalam batas wajar dimata orang-orang. Kalau kamu sudah bisa memaklumi dan terbiasa dengan cara bercanda mereka, maka sifat Bapermu bisa  mentolerir dikemudian hari

2. Membaca Reaksi Orang Lain 

Setiap berinteraksi dengan orang lain, coba deh mulai memperhatikan bagaimana reaksi orang lain ketika sedang menjadi bahan bullyan saat berkumpul. Ada yang biasa saja, ada juga yang dengan tenang balas membully.  Poinnya sih kalau yang lain menganggap hal itu biasa saja, kamu bisa memposisikan diri untuk lebih tenang dalam membalas candaan mereka, cobalah untuk membalas dengan lelucon lain.

3. Bersikap Tegas

Ketika perkataan temanmu kamu rasa cukup keterlaluan dan diluar batas, kamu bisa tegas bicara dengan temanmu kalau itu seharusnya tidak menjadi bahan bercanda. Tetapi, lakukan dengan sikap tenang dan bahasa yang sopan, jangan tunjukkan kalau kamu penuh emosi.

4. Lebih Percaya Diri

Kita biasanya terlalu sensitif dengan ucapan teman dan merasa tengah disudutkan, padahal mungkin teman itu sama sekali tidak bermaksud. Kurangnya rasa percaya diri dalam berteman menyebabkan kita merasa kalau orang lain selalu melihat kita dengan cara yang buruk. Pertama, lebih hargailah dirimu dan tunjukkan kepada mereka jika kalian semua sama, tidak ada yang lebih jelek dan lebih baik dalam perteman.

5. Tetap Menghargai Orang Lain

Sikap yang perlu kamu tanamkan adalah coba untuk lebih menghargai orang lain. Selalu anggap lawan bicaramu adalah orang baik, orang yang selalu ingin kamu berkembang ke arah yang lebih baik. Sehingga apapun yang dia katakan dapat kamu simpan dulu, lalu perlahan cerna kata-katanya, jika baik untukmu maka terima dan jika itu buruk kamu hanya perlu melupakannya. Langsung cemberut ketika orang menasehatimu, sama saja tidak menghargai lawan bicaramu.

Featured image credit to: www.provoke-online.com


Artikel Terkait