Kerja Full Time? Kuliah Malam? Ga Ada Waktu Untuk Skripsi? Nih, Coba 5 Tips Ini

Konsul-Skripsi

Sibukkk bangetttt! Kuliah harus tetep jalan sampe selesai, kerja juga kewajiban karena tanpa kerja gak bisa bayar kuliah ding? Hehehe

Banyak mahasiswa tingkat akhir yang galau, yang mana harus di prioritaskan, kuliah, tugas, kerja atau skripsi. Hmm… Sebenarnya semua itu bisa berjalan beriringan sih. Kuliah lancar, tugas selesai,  kerja manta, skripsi jalan terusss…

Apaa? Gimana caranya?

Bisaaaa! Coba deh 5 tips ini!

1. Tengah Malam

Yap. Tengah Malam adalah waktu yang tepat untuk ngerjain skripsi. Pagi sampe sore kamu kerja. Malam kuliah. Yaudah, ada pilihan lain selain tengah malam? Makanyaa, sepulang kuliah, jangan kelayapan kemana-mana, langsung pulang, abis itu tidur, lalu bangun deh tengah malam, sepertiga malam terakhir, sekalian sholat tahajud. Muantaaaap. Dijamin fresh deh! Intinya, cuci dulu muka ngantuk itu mas broh. Hehe

2. Waktu Senggang

Kerja ada istirahatnya kan? Kuliah, dosen kebanyakan telatnya kan? Nah, manfaatkan dong wakt-waktu kosong itu untuk ngerjain skripsi. Walopun cuma bisa revisi satu bagian doang tapi kan lumayan lah. Kalo waktu senggangnya 5 kali dalam sehari, udah bisa revisi satu bab! Haha. So, jangan banyak alesan, selalu ada jalan  kalo kamu serius!

3. Bawa Jurnal atau Sources Kemana-Mana

Tiap hari. Mau kerja kek, mau kuliah kek, mau jalan-jalan kek, mau ke Mall kek, bawa si jurnal dan semua senjata-senjatanya. Minimal, waktu kamu nunggu antrian WC atau apalah, kamu bisa baca satu paragraf, dapet juga kan ilmunya Dapet inspiras juga tentang APA yang harus ditulis di skripsi. Haha

4. Hari Libur

Relakanlah hari liburmu untuk mengerjakan skripsi. Menunda kesenangan untuk mendapat kesenangan yang lebih hakiki. Hmm…. Yuk ah,… Daripada tidur digunakan untuk balas dendam alias tidur sepanjang hari, mending sisihkan satu sampe dua jam untuk revisi, kan lumayan tuuh. Semangattttt!

5. Begadang

Ini adalah pilihan paling akhirrrrr! Karena sesungguhnya begadang itu adalah hal yang tidak baik. Tapi kalau memang sudah kepepet pet pet, ga ada pilihan lain, ya sudahlah, sekali seminggu begadang gak papa kali yah sampe wisuda. Acieeee. So? Masih banyak alasan? Sibuk?? Kembali ke niat kamu deh, Sobat ABe!


Artikel Terkait