5 Sifat yang WAJIB Kamu Punya Sebelum Memutuskan Untuk Kerja Sambil Kuliah

Mahasiswa KKN

Banyak mahasiswa khususnya mahasiswa tingkat akhir yang memutuskan untuk kerja baik itu part or full time.  Awalnya semua baik-baik aja, hingga akhirnya kamu ninggalin aku. Heh?

Maksudnya, awal mula kerja Sambil kuliah, kuliah lancarrrr, kerja oke. Tapi lama kelamaan ada yang tidak beres! Apaaa??? Haha.

Banyak kejadian, terjadi ketidakseimbangan antara kuliah dan kerja. Bahkan dua-duanya jadi keteteran. Nah, sebelum kamu memutuskan untuk kerja sambil kuliah, ada baiknya kamu bangun 5 sikap berikut ini!

1.Self Management

Yap. Banyak orang bilang, yang paling penting itu time management. Hmm… Percumaaa sungguh percuma kalo kita udah manage waktu sebaik-baiknya tapi kita gagal manage diri sendiri. Hmm.. Ketika keduanya seimbang, itu jauuh lebih baik lagi. Nah, sebelum-sebelumnya kamu manage waktu yang sampe kapanpun tetep 24 jam, ada baiknya kita manage diri terlebih dahulu!

2. Prioritas

Priority! Cari tahu prioritas kamu. Kalo punya 5 prioritas, list kan dari yang paling paling paling prior sampe yang tidak begitu prior. Kalo ada tugas dari dosen yang benturan sama tugas kantor. Analisis dulu prioritasmya. Tugas dosen dikumpul jam berapa? Tugas kantor jam berapa? Kalo sama? Tanya lagi, killer-an mana dosen atau Bos? Sama juga? Ya udah pikirin deh gimana caranya dua-duanya harus selesai. Atau gak usah kerjain dua-duanya. Adil kan?! Wkwk

3. Tanggung Jawab

Tanggung jawab sama keputusan yang sudah kamu ambil. Kamu udah kerja sambil kuliah, selesai kan! Jangan berhenti di tengah jalan. Belajar mempertanggungjawabkan setiap tindakan yang udah kamu mulai. Jangan jadi pecundang sis, broh!

4. Konsisten

Ketika kamu udah bisa manage waktu sama diri sendiri dengan baik, hari-hari kamu akan jadi lebih teratur, gak akan ada waktu yang terbuang sia-sia untuk ngomongin orang atau stalkingin mantan. So, pertahankan kebiasaan baik itu, konsisten! Lakuin itu terus menerus hingga jadi kebiasaan yang gak bisa kamu ubah.

5. Komitmen

Last but not least, kerja sambil kuliah itu gak mudah, kamu bakal capek plus-plus, bukan hanya energi, waktu kamu dihabiskan dengan banyak perintah dari atasan. Pressure pressure pressure. Kalo kamu mental kerupuk, kamu mungkin gak pakek mengundurkan diri lagi, tapi langsung kabur aja. Nah, saat-saat seperti ini, kamu butuh komitmen. Komitmen yang akan buat kamu terus nyoba. “Dikit lagi”, “Pasti bisa!” “Survive!”

Dan kalo kamu bisa nyatu sama komitmen kamu, saat itu kamu udah jadi pemenang! See now, huh?


Artikel Terkait