Peluang dan Prospek Fakultas Ilmu Komunikasi

Screen-Shot-2015-06-09-at-11.47.54

Tahun ajaran baru sebentar lagi akan berakhir dan para siswa menengah atas akan dihadapkan pada pilihan kemana mereka akan melanjutkan study untuk bekal masa depan nanti. Nah sist and bro sekalian apakah sudah memiliki jurusan incaran untuk melanjutkan study ke jenjang yang lebih tinggi nanti. Ataukah masih bingung dengan banyaknya pilihan jurusan yang ditawarkan universitas yang ada di seluruh Indonesia. Nah kebetulan untuk bahasan kali ini ABe akan mengulas salah satu jurusan primadona yang akan menjadi salah satu fakultas idaman dalam melanjutkan study nanti.

Fakultas tersebut adalah fakultas ilmu komunikasi, fakultas ilmu komunikasi adalah salah satu fakultas favorit pencari jurusan yang melanjutkan jenjang ke bangku perkuliahan. Salah satu alasan yang menyebabkan jurusan ini banyak di gemari adalah keleluasaan bagi mahasiswanya untuk mengembangkan minat dan bakat di bidang dunia hiburan. Maka tidak heran jika fakultas ini di cap sebagai fakultas anak gaul di kampus karena mahasiswanya di tuntut untuk bisa menyampaikan sesuatu dengan cara penyampaian yang mudah di pahami banyak orang. Nah makin penasaran kan dengan kelebihan fakultas ilmu komunikasi ini?, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Fakultas Ilmu Komunikasi?

Fakultas ilmu komunikasi adalah sebuah fakultas yang mengkhususkan diri pada ilmu untuk melakukan komunikasi.  Dengan media komunikasi baik secara tulisan, lisan maupun media. Berbagai macam cara berkomunikasi yang efektif dan benar di bedah di fakultas ini, tujuannya tentu saja agar semua orang dan lembaga dapat memahami apa yang sedang di sampaikan oleh informan. Jadi bisa dibilang dalam menyampaikan komunikasi itu ada tekniknya tersendiri, kita tentu tidak bisa menyampaikan pesan kepada orangtua sama dengan menyampaikan pesan kepada rekan sebaya.

Begitu juga saat menyampaikan informasi dalam suatu acara yang formal tidak bisa sama dengan saat kita menyampaikan informasi di acara yang non formal. Disinilah bagaimana cara menyampaikan komunikasi yang baik. Ada banyak sekali jurusan di fakultas ini, namun jika di kelompokan secara garis besar maka akan di dapat 3 buah jurusan yang sangat erat kaitannya dengan fakultas komunikasi. Ketiga jurusan tersebut adalah penyiaran, periklanan dan hubungan masyarakat.

Ketiga jenis jurusan ini memiliki fungsi yang berbeda lho sobat, apa saja perbedaanya? Simak di bawah ini.

1. Penyiaran

fakultas ilmu komunikasi
Penyiaran merupakan salah satu jurusan dari Fakultas Ilmu Komunikasi via okezone.com

Di lingkup jurusan penyiaran akan ada berbagai minat yang berhubungan dengan komunikasi seperti televisi dan radio, jurnalistik, announcing dan berbagai media lainnya. Di jurusan ini kamu akan diajarkan bagaimana menyiarkan hasil informasi secara efektif dan benar sehingga dapat di tangkap oleh pencari informasi dengan baik.

2. Media periklanan

periklanan
Periklanan via http://news.indonesiakreatif.net/

Jika di penyiaran menyiarkan berbagai berita berdasar fakta dan informasi maka di periklanan menyiarkan sesuatu yang berhubungan dengan pesan dan misi sponsor agar pesan yang di sampaikan ke konsumen dapat tersampaikan dengan baik. Tidak hanya sekedar tersampaikan namun iklan yang disiarkan juga harus memiliki daya ingat yang kuat bagi penonton sehingga menimbulkan efek iklan yang baik. Untuk itulah di jurusan ini di tuntut mahasiswanya harus kreatif dan banyak ide sehingga dapat melahirkan banyak ide kreatif yang akan dituangkan dalam media iklan.

3. Hubungan masyarakat

public relation
Public Relation via coretanpr.wordpress.com

Hubungan masyarakat memiliki makna yang berbeda dengan penyiaran dan periklanan, karena jika periklanan dan penyiaran menyampaikan pesan melalui sebuah media digital, cetak atau informasi maka humas lebih kepada penyampaian pesan secara langsung ke masyarakat dan lingkungan. Untuk itulah mahasiswa yang memiliki minat di humas ini di tuntut harus memiliki kemampuan berbicara yang  baik, mampu untuk menjadi penengah dalam situasi, bisa menjadi negosiator yang baik dan dapat menjadi sosok perantara yang tenang antara perusahaan dengan masyarakat. Karena begitu pentingnya sosok humas maka perusahaan pun biasanya tidak asal menunjuk orang yang akan menjadi humas mereka karena citra perusahaan akan berada pada pundak departemen humas satu ini.

Keunggulan Fakultas Ilmu Komunikasi

Apa sih keunggulan dari fakultas ilmu komunikasi?, keunggulan nya banyak sekali sist dan bro. Keunggulan pertama jurusan ilmu komunikasi akan menjadi corong hubungan masyarakat dengan perusahaan, tidak peduli sebagaimana bagusnya kinerja dan skill perusahaan tanpa di topang oleh seorang humas bagian informan yang baik maka kebesaran perusahaan tersebut tidak akan tersampaikan dengan baik ke masyarakat.

Keunggulan kedua, jurusan ini adalah jurusan yang akan membiarkanmu leluasa dalam memilih berbagai passion dalam bidang media dan seni. Disini kamu akan di bebaskan untuk menjadi apa yang diinginkan, apa ingin menjadi publik figur yang piawai dalam memimpin acara, menyelenggarakan acara maupun sukses di belakang layar sebagai otak dari pemberi informasi.

Keunggulan ketiga fakultas ilmu komunikasi adalah fakultas yang luwes, kamu tidak hanya akan di hadapkan pada mata kuliah yang berhubungan dengan rumus, teori dan berkutat di gedung serta lab kampus. Namun di jurusan ilmu komunikasi kamu akan memiliki keleluasaan untuk mengekplorasi dirimu di luar sesuai dengan minat yang di inginkan.

Siapa yang Cocok Untuk Mengambil Ilmu Komunikasi?

fikom
Semua nya cocok kuliah di Fakultas Ilmu Komunikasi via http://bem.farmasi.ugm.ac.id/

Banyak yang beranggapan bahwa ilmu komunikasi adalah jurusan yang cocok untuk si populer dan tidak cocok untuk seorang yang tidak pandai bergaul. Padahal sebenarnya siapapun cocok untuk mengambil jurusan ini selama bidang komunikasi memang merupakan minatnya terlepas dia seorang yang supel maupun tidak. Misalnya kamu kurang bisa bergaul, dengan bergabung di fakultas ilmu komunikasi yang banyak kegiatan maka perlahan kebiasaanmu akan berubah dan terbawa untuk terbiasa berbicara, mengelola acara dan terlibat dalam sebuah pertunjukan.

Tentu ini merupakan hal yang baik bukan, karena bro dan sist semua akan belajar bagaimana caranya berhubungan dengan orang dan menciptakan pola komunikasi yang baik. Selain itu ilmu komunikasi juga masih menyediakan ruang untuk mereka yang ingin sukses di belakang layar, seperti contohnya periklanan dan penyiaran yang tidak memerlukan banyak hubungan dengan masyarakat. Memang keinginan dan minat dalam dunia komunikasi inilah yang harus dimiliki saat berada di fakultas ilmu komunikasi. Karena keinginan dan minat itulah yang akan menjadi panduan berharga untuk mengantarkan kamu ke jenjang kesuksesan selanjutnya.

Bagaimana Cara Masuk Fakultas Ilmu Komunikasi?

Ada beberapa cara untuk bisa masuk ke fakultas favorit ini, beberapa universitas umumnya melakukan cara yang sama. UI misalnya, kampus yang berada di Jakarta ini menerapkan penjaringan melalui 3 cara. Cara yang pertama adalah dengan menggunakan seleksi SNMPTN, seleksi ini adalah seleksi yang berdasarkan prestasi siswa di sekolah dilihat baik dari nilai raport, prestasi di sekolah, prestasi di UN dan parameter lainnya.

Sementara untuk SBMPTN adalah seleksi berdasarkan test yang dilakukan oleh banyak universitas negeri yang dilakukan serentak dengan peserta seluruh Indonesia. Sementara jalur satunya lagi yakni SIMAK UI yakni seleksi penerimaan yang hanya di selenggarakan oleh UI. Nah jalur apakah yang akan sist dan bro semua pilih?. Yang pasti apapun jalurnya nanti persiapkan semuanya dengan baik yah.

Berapa Lama Kuliah dan Berapa Banyak Biayanya?

Untuk lama kuliah di fakultas ilmu komunikasi hampir sama dengan fakultas sosial lainnya, untuk fakultas ilmu komunikasi UI misalnya yang memiliki jangka waktu kuliah antara 8-12 semester dengan jumlah sks minimal yang dapat diambil adalah 144 sks. Lama kuliah ini tentu tidak tetap karena juga di pengaruhi oleh rajinnya serta baiknya nilai akademik mahasiswa dalam menjalani perkuliahan tersebut. So buat bro dan sist semua yang ingin lulus tepat waktu pastikan untuk selalu masuk kuliah dan menyelesaikan ujian dan tugas dengan baik yah.

Untuk besaran biaya yang dikeluarkan cukup terjangkau di banding dengan fakultas lain yang tidak kalah favorit. Untuk biaya kuliah di fakultas ilmu komunikasi UI misalnya, biaya yang di tetapkan adalah 100.000 hingga 5.000.000 per semester sesuai dengan beasiswa yang didapat serta tanpa uang pangkal karena sudah di subsidi oleh pemerintah. Sementara kelas paralel memiliki biaya yang lebih mahal yakni 9.500.000 dan membayar uang pangkal. Biaya kuliah paralel memang lebih mahal karena seleksi yang digunakan juga berbeda, kelas paralel umumnya di ikuti oleh mahasiswa yang secara ekonomi mampu sementara semua fasilitas, gelar dan hak lainnya sama dengan mahasiswa lainnya

Bagaimana Cara Agar Bisa Berprestasi Baik Dalam Jurusan Ini?

Untuk dapat berprestasi dan menonjol dalam jurusan ini maka sama saja dengan tips untuk berprestasi di jurusan universitas lain. Sist dan bro harus aktif dengan komunitas yang ada di kampus dan berperan dalam beberapa kegiatan yang ada di kampus maupun di luar kampus. Kegiatan-kegiatan ini akan mendorong bro dan sist semua untuk lebih aktif dalam mengembangkan materi yang dimiliki selama melakukan kuliah di kampus, selain itu aktif organisasi dan kegiatan juga akan memberikan nilai tambah dalam  curriculum vitae kamu nanti sehingga lebih di percaya perusahaan saat melamar di posisi yang di inginkan.

Prospek ilmu komunikasi

public relation
Public Relation via www.frontlineassociations.com

Fakultas ilmu komunikasi adalah salah satu fakultas yang memiliki tingkat keberhasilan tertinggi dalam penerimaan kerja. Fakultas ilmu komunikasi Unpad misalnya menduduki peringkat ketiga dari semua fakultas di Unpad dalam hal penyerapan tenaga kerja alumninya. Rata-rata dalam kurun waktu 3 bulan sejak lulus para alumninya sudah terserap oleh dunia kerja. Hal ini karena ilmu komunikasi itu bersifat fleksibel sehingga dapat di terapkan dalam berbagai bidang pekerjaan. Ilmu komunikasi menawarkan banyak pilihan profesi selepas lulus nanti, beberapa pilihan profesi tersebut seperti ;

1. Penyiaran

Bidang ini menawarkan banyak kelebihan dalam hal bidang penyiaran, beberapa profesi dalam bidang penyiaran tersebut seperti produser, sutradara, copy writer, reporter dan beberapa pilihan pekerjaan lainnya yang masih ada dalam lingkup penyiaran. Di bidang ini kamu bisa memiliki pekerjaan di bidang televisi, radio, kantor surat kabar, tabloid, majalah, website dan berbagai media penyiaran lainnya.

2. Jurnalis

Jurnalistik adalah sebuah bidang pekerjaan yang erat kaitannya dengan dunia kepenulisan. Di bidang ini kamu akan mendapatkan pekerjaan di beberapa perusahaan seperti media massa, surat kabar, website, news anchor dan lain-lain. Jurnalis yang dihasilkan oleh fakultas ilmu komunikasi akan menghasilkan sdm yang handal dan terarah, tau cara menulis yang benar, tau cara menyajikan berita yang baik serta hapal cara memberikan berita yang bertanggung jawab.

3. Event organizer

Profesi ini adalah profesi idaman banyak anak muda karena dengan hanya berpakaian santai, tidak harus ke kantor, bebas mengaplikasikan ide namun menghasilkan sebuah pendapatan yang sangat besar. Namun di balik penghasilannya yang besar seorang pengelola EO juga wajib menyajikan kegiatan yang sukses besar. Disinilah tantangannya dan fakultas ilmu komunikasi memberikan ilmu atas tantangan tersebut bagaimana cara mengelola dan mengorganisir sebuah kegiatan menjadi lebih terorganisir.

4. MC

Bro dan sist semua tentu pernah kagum saat melihat seorang MC yang mampu untuk membawakan acara dengan baik, mampu untuk membangkitkan emosi penonton dan membuat menonton larut dalam sebuah acara yang sedang diikuti. Inilah salah satu kemampuan MC, nah di fakultas ilmu komunikasi ini bro sist semua akan di ajarkan cara untuk menjadi MC yang baik.

5. Presenter

Jika MC adalah seorang pembawa acara di lingkungan dan masyarakat, maka presenter adalah seorang pembawa acara yang khusus membawa acara yang ada tv. Walaupun lingkup dan ruangnya lebih kecil namun penontonnya lebih banyak, sehingga tidak semua orang mampu untuk bisa tampil tenang di bawah sorot kamera tv. Nah di fakultas ilmu komunikasi inilah nanti akan diajarkan cara menjadi presenter yang baik melalui teori dan praktek presenter di lab yang dimiliki.

6. Humas

Hubungan masyarakat atau humas adalah perantara antara lingkungan/masyarakat dengan perusahaan. Kamu akan dipekerjakan oleh perusahaan untuk menjadi penghubung dengan masyarakat dan  lingkungan. Pekerjaan satu ini sangat menyenangkan karena kita bisa menjadi penyampai informasi terhadap masyarakat, kita juga bisa menjadi salah satu peredam konflik yang mungkin saja dapat terjadi jika terjadi salah satu kesalahan di perusahaan.

Selain beberapa pilihan profesi diatas, alumni ilmu komunikasi juga memiliki banyak pilihan profesi lain seperti dunia hiburan, menjadi karyawan bank, freelancer dan berbagai bidang profesi lain yang sesuai dengan keahliannya.

Universitas Favorit Ilmu Komunikasi

Nah setelah tau semua seluk beluk mengenai fakultas ilmu komunikasi, pasti kemudian timbul pertanyaan. Kampus apa sih yang recomended untuk bisa menimba ilmu di fakultas ilmu komunikasi ini. Untuk fakultas komunikasi universitas di Indonesia yang memiliki reputasi yang baik adalah Universitas Indonesia yang berada di Jakarta, universitas ini menempati posisi pertama yang memiliki fakultas ilmu komunikasi terbaik di Indonesia.

Sementara pilihan universitas dengan fakultas ilmu komunikasi terbaik lainnya seperti ITB, IPB, UNPAD, UGM, Undip, Brawijaya dan Unair. Sementara untuk kampus swasta banyak juga yang memiliki fakultas ilmu komunikasi yang baik salah satunya Universitas Pelita Harapan, Universitas Binus, Petra, Pasundan, Esa Unggul, Gunadarma dan banyak kampus lainnya.

Untuk kampus di lingkup Asia yang memiliki jurusan ilmu komunikasi yang baik adalah  National University of Singapore (NUS),  Yonsei University di Korea Selatan, The Chinese University of Hong Kong, City University of Hong Kong, Nanyang Technological University (NTU), National University of Singapore (NUS). Sementara untuk lingkup dunia beberapa universitas yang memiliki reputasi yang baik dalam bidang komunikasi adalah University of Wisconsin-Madison di AS, University of California Berkeley (UCB), Columbia University di Amerika Serikat,  dan University of Texas at Austin.

Setelah semua mengenai fakultas ilmu komunikasi di bahas sekarang saatnya bro dan sist semua yang menentukan mau memilih fakultas ilmu komunikasi mana yang akan dipilih. Apakah kampus dalam atau kampus luar negeri yang pasti sesuaikan dengan kemampuan dan jika ingin kuliah di kampus ternama dengan biaya murah maka wajib untuk belajar agar mendapatkan beasiswa yang meringankan biaya kuliah. Selamat memilih fakultas dan semoga sukses.

Featured image credit to: halokampus.com