Waspada! 5 Hal Ini Membuat Masa Kuliahmu Terasa Berat

mahasiswa mengantuk di kelas

Kuliah adalah rutinitas wajib mahasiswa  sebelum dapat ijazah sebagai hasil dari usaha dan keringat selama dibangku kuliah. Karena berlangsung hampir setiap hari bukan hal aneh kalau ada mahasiswa yang malas kuliah. Kalau biasanya mahasiswa normal masuk kuliah 9 kali seminggu tapi ada loh mahasiswa yang cuma hadir 3 kali. Padahal masa kuliah adalah masa emas buat kita menentukan siapa diri kita. Apa jadinya kalau kesempatan ini kamu lewatkan gitu aja.

Apa aja sih faktor-faktor yang membuat orang malas kuliah? Yuk kita simak faktor-faktor yang membuat masa kuliah terasa berat banget. Gak usah lama-lama lagi mari kita bahas dari…

1.Merasa Salah Pilih Jurusan

Dulu semasa SMA karena niatnya setelah lulus memang pengen buat lanjutin kejenjang yang lebih tinggi kamu excited banget buat cepat-cepat lulus. Namun, kamu belum menentukan kamu mau ambil jurusan apa setelah lulus. Setelah kamu lulus kamu harus segera mendaftarkan diri untuk masuk universitas pilihan kamu. Karena gak tau kamu harus ambil apa namun sudah harus memilih jurusan apa yang kamu ambil jadi kamu pakai waktu yang sangat singkat itu buat kenalan satu persatu dengan jurusan yang ada. Kamu tertarik dengan salah satunya dan langsung kamu pilih walaupun kamu belum terlalu kenal dengan jurusan itu.

Akibatnya setelah diterima dan masuk kedunia perkuliahan kamu merasa kecewa dengan jurusan yang kamu ambil karena kamu merasa itu gak sesuai dengan minat dan bakat kamu. Jadinya waktu kuliah tersasa lama dan membosankan. Setiap hal yang disampaikan oleh dosenmu terasa sangat berat dicerna. Kamu hanya bisa bilang “dimana aku? Kalian siapa? Siapa aku?” karena terjebak dijurusan yang tidak kamu sukai.

2. Menunda Tugas

Hari ini gak ada hujan gak ada angin tiba-tiba dosen kamu ngasi tugas dan dikumpulkan bulan depan. Hmm.. sebulan sih gak berat kayaknya ngerjainnya. Karena waktu yang lama diberikan sama dosen kamu buat ngerjain tugasnya kamu pun merasa seperti tidak ada tekanan buat menyelesaikan tugasnya. Waktu berlalu setiap hari tapi belum ada sebaris kalimat pun yang kamu buat untuk tugasmu yang ada malah tugas lain dari dosen berbeda bermunculan namu jangka waktu mengerjakan yang sama. Ah santai semua tugas masih lama ngumpulinnya.

Akhirnya saat-saat santai telah hilang, salah satu tugasmu harus dikumpulkan besok. Dengan segala sisa tenaga kamu kerjakan tugasnya dan harus selesai malam ini. Meski malam ini selesai bukan berarti beban kamu sudah selesai karna lusa masih ada tugas yang harus sudah diserahkan. Beratkan hidup kayak gitu?. Imbasnya kamu pengen nyerah dan berenti kuliah karena ngerasa hidupmu terlalu berat.

3. Kuliah Gak Seperti Yang Terlihat Di Sinetron

Sinetron menyajikan lingkungan kuliah yang asik dan penuh dengan teman-teman yang keren yang kamu bisa ajak nongkrong ditempat-tempat keren mana aja. Apa jadinya saat kamu masuk dunia perkuliahan tapi bayangan kamu tentang kuliah sama seperti yang disinetron seperti dihempas keras kebumi. Kehidupan perkuliahan yang kamu rasakan sama sekali berbeda dan malah merasa tidak nyaman.

Karena lingkungan yang merupakan faktor penting kamu buat termotivasi buat kuliah jadi kamu merasa agak berat buat kuliah setiap hari dengan lingkungan yang diluar bayangan sebelumnya.

4. Tidak Punya Temat Dekat

Teman juga merupakan motivasi buat kuliah. Teman yang tepat buat kamu merasa nyaman buat menjalankan kuliah setiap harinya. Meskipun kamu banyak teman dikampusmu tapi kalau gak punya teman yang pas buat kamu, kamu bisa merasa kurang nyaman dengan suasana kuliah. Akibatnya kamu lebih memilih datang, duduk, diam dan pulang saat kuliah. Lama-lama kayak gitu kamu bosan dan sekali lagi kuliah akan menjadi sangat berat.

5. Sering Begadang

Malam-malam merupakan saat yang pas buat internetan buat yang tinggal di kosan gitu karena kenceng banget akibat bandwidthnya gak kebagi-bagi dengan orang lain yang udah pada tidur. Karena asik lupa deh kalau udah jam 3 pagi dan besok harus kuliah jam setengah 8. Waktu tidar jadi 4 jam buat kamu jadi malas bangun pagi dan berangkat kuliah adalah hal yang sangat memberatkan bagimu. Keesokan harinya kamu kayak gitu lagi. Ya gimana lagi karena emang udah kebiasaan.

Beberapa hal diatas merupakan apa yang saya pribadi dan teman-teman saya alami semoga bisa bermanfaat. Kalau ada lagi yang membuat masa kuliah menjadi berat silahkan share dikolom komentar ya.

 

Artikel kontribusi dari pembaca AyoBuka.com; Donatus Herman. Semua isi konten kecuali ilustrasi gambar menjadi tanggung jawab sepenuhnya penulis. Kirimkan artikel kontribusimu kesini. Dapatkan reward dan hadiah menarik.


Artikel Terkait