Ingin Jadi Penulis Novel? Coba Pelajari Novel-Novel Karya 5 Penulis Indonesia Ini!

Z

 

1. Andrea Hirata

Penulis Sequel Laskar Pelangi ini berhasil membuat para pembaca jatuh cinta. Gaya penulisan yang dibalut pengetahuan, science dan majas yang dibalut dengan kalimat-kalimat yang menohok ke dasar hati.

Sang Pemimpi, Edensor dan Maryamah Karpov pun dinanti-nanti untuk mengakhiri kisah anak kecil di pelosok neegeri nan haus akan ilmu, menembus batas-batas, berangkat ke luar negeri, mengejar cinta yang berakhir pada penolakan sang ayah.

Bagi kamu yang mau jadi penulis novel  jangan pernah khawatir, Andrea Hirata adalah salah satu penulis Indonesia yang mengambil jurusan Ekonomi, bukan Sastra.

Karena dia menulis dengan hati, tujuannya adalah menyuarakan suara anak-anak Indonesia yang jauh dari kata pendidikan yang layak. Karenanya, Belitong menjadi sorotan dan museum laskar pelangi menjadi salah satu daya tarik wisata.

2. Dee Lestari

Wanita yang satu ini sangat multitalenta, dia bukan hanya seorang penulis tapi juga mantan vokalis salah satu band terkenal di Indonesia pada  masanya. Karyanya yang paling fenomenal adalah Supernova yang bahkan diminati pembaca mancanegara.

Novel-novelnya laris dipasaran dan di film kan. Sebut saja Perahu Kertas yang booming saat difilmkan.

Dee menulis dengan santai namun sangat berpendidikan pada novel Supernova. Teori Fisika, Kimia dan Biologi disatukan dan dihubungkan dengan dunia nyata.

Salah satu tips dari Dee dalam menulis novel adalah bersemedi alias fokus ketika mengerjakan suatu novel dan research sedetail mungkin.

3. Tere Liye

Penulis yang terkenal humble dengan gayanya yang santai tiap kali mengisi seminar dan bedah buku, membuat para pembaca semakin mengidolakannya. Salah satu tipsnya adalah, mulai menulis!

Ya, tidak ada tips lain, mulai saja! Tulis saja, kalo udah buntu, ya udah, berarti ceritanya tamat! Haha

Aneh memang, tapi karena ke-cool-annya, para pembaca semakin terpacu untuk menulis!

4. Habiburrahman El Shirazy

Novelist nomor 1 ini menjadikan novel-novelnya sebagai jalan dakwah. Semua novelnya mengandung inspirasi tentang islam yang tidak menggurui. Membuat pembaca terenyuh setiap membaca kisah-kisah yang seakan nyata.

Kang abik menulis dengan gaya bahasa sederhana namun begitu sampai ke hati pembaca.

5. Ilana Tan

Penulis yang satu ini sangat misterius bahkan mau diotak-atik pun itu mesin pencari, sungguh sedikit informasi yang bisa kita dapat tentangnya.

Novel-novelnya mengambil latar luar negeri dan uniknya menggunakan musim, winter, summer dan lain-lain.

Gaya bahasanya santai namun keromantisannya dapettt.

Belajar dari lima penulis ini, intinya, menulislah dengan hati, Kawan! Karena yang dari hati akan sampai ke hati. Let’s write a novel!

 


Artikel Terkait