5 Hal Ajaib yang Kita Dapatkan Ketika Pulang Kampung

images

Anak perantauan mah jangan ditanya soal pulkam alias pulang kampung. Kalo bisa setiap hari pulkam ya akan dilakukan pastinya. Tapi ya namanya anak rantau apalagi yang jauh-jauh kayak anak Sumatera yang kuliah di Jawa atau sebaliknya.

Rindu yang menumpuk, rasa sepi dan galau yang terkadang melanda, sedih, dan sebagainya. Kalo memang sudah akut, pulanglah. Dengan pulang ke kampung halaman, kamu bisa mendapatkan  5 hal ajaib ini!

1. Rindu yang Tersampaikan

Berbulan-bulan tidak pulang. Berbulan-bulan jauh daro orangtua, kakak, adik, saudara. Berbulan-bulan di negeri orang pasti membuat kita rindu akan kampung halaman, tapi apa daya, libur masih lama, terkadang libut pun tetap tak bisa pulang. Sesekali pulang, rasa rindu sudah menumpuk. Namun, setelah sampai di kampung halaman, maka, rasa rindu yang selama ini disimpan, tersampaikan juga. Akan ada rasa lega yang tak terkira ketika rasa rindu itu pada akhirnya terobati juga.

2. Pembaharuan Iman

Tinggal di negeri orang, apalagi luar negeri dengan pergaulan yang semakin luas. Bukan tidak mungkin, kalau prinsip kita tidak kuat, iman perlahan akan terkikis. Pulang kampung bisa membuat kita memperbaharui diri. Melihat wajah kedua orangtua, mendapat wejangan langsung dari mereka akan membuat iman di dada diperbaharui, siraman rohani dari orangtua pastinya memberi kesejukan untuk hati kita.

3. Ngecas Energi

Selama ini di perantauan kita dipenuhi dengan tuntutan akademik ini itu, belajat, belajar, belajar, tugas, tugas, tugas, brlum lagi mengurusi diri sendiri yang berstatus sebagai anak kos. Nyuci sendiri, masak, dan sebagainya. Pulang dan beristirahat dari semua rutinitas itu akan membuat energi kita yang selama ini terkuras dicas lagi. Langsung FULL!

4. Bermanjaan

Pernah dengar kalimat ini, “It doesn’t matter how old you are or you will become, you will always be daddy’s little girl and mommy’s little boy.”

Mau setua apapun kita, kita tetap anak-anak kecil yang selalu dimanjakan kedua orangtua kita. Sesekali pulang kampung, bermanjaan dengan orangtua adalah salah satu pilihan wajib yang akan membahagiakan hati!

5. Find Yourself

Merantau, kalau tidak pandai-pandai membawa diri, kamu bisa lupa diri, hilang arah, salah jalan. Pergaulan yang semakin hari semakin bebas, membuat abak rantau harus pandai memilih teman bergaul. Salah dikit, tergelincir, sudahlah.

Pulang kampung selain bisa memperbaharui iman, juga membuat kita kembali. Melihat siapa kita sebenarnya. Memperbaiki kesalahan-kesalahan yang mungkin sudah terlanjur terjadi di perantauan.

Pulanglah, luangkan waktu. Banyak hal-hal ajaib yang akan terjadi ketika kita telah sampai di tanah tempat semua cinta berawal. Yuk ah, pulkaaaam, liburaaan!


Artikel Terkait