5 Alasan Melanjutkan Pendidikan ke Bangku Kuliah Itu Penting

bangku kuliah

Sehabis lulus SMA, kebanyakan dari kita pasti melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah. Namun jangan salah, masih banyak kok dari kita yang masih bingung, apakah mau lanjut atau gak. Ada yang berpikir untuk usaha aja karena gak selamanya kuliah bisa membuat orang menjadi sukses.

Banyak orang yang berpikir, untuk apa sekolah tinggi-tinggi toh banyak kok orang yang sukses tanpa kuliah. Bahkan cuma berijazah SD doang bisa jadi pengusaha hebat. Hal itu gak bisa dijadikan patokan sob, mereka yang sukses tanpa kuliah itu udah tahu mau ngapain sob, udah tahu apa yang dikejar dalam karir mereka. Sedangkan kita? Mau jadi apa aja masih bingung, bener gak?

Nah, jadi gak ada salahnya kan buat ngelanjutin pendidikan, toh banyak manfaatnya kok? Mau tahu apa keuntungan dari kuliah? Simak ulasan berikut ini ya, semoga bermanfaat!

1. Kamu tahu mau jadi apa nantinya

Sebenarnya gak penting sih kamu kuliah atau gak, asal kamu tahu mau jadi apa kamu nanti dan tahu langkah apa yang mesti kamu ambil. Nah rata-rata orang baru tahu mau jadi apa ya saat mereka kuliah. Di sana lah nanti akan terbuka pikiran tentang masa depan. Itulah mengapa kuliah itu penting!

2. Punya jaringan

Dalam dunia kerja, dibutuhkan yang namanya jaringan atau koneksi. Hal ini menjadi fundamental banget loh, bakal terasa banget pas kamu nyari kerjaan nantinya. Nah, lewat kuliah kamu bisa bertemu dengan banyak orang dari berbagai kalangan. Dari sini pula jaringan itu terbentuk dan terus berkembang.

3. Pengembangan diri

Di kampus pasti ada tuh unit atau organisasi yang tujuannya adalah untuk pengembangan minat dan bakat mahasiswa. Di sinilah kamu bisa mengambil kesempatan untuk mengembangkan dirimu. Mulai dari seni budaya, olahraga, pendidikan, sosial, dan lain sebagainya. Bukan hanya bakatmu aja yang lebih terasah, namun kemampuan komunikasimu pun akan terus meningkat dan itu berguna banget dalam menyosong dunia kerja nantinya.

4. Ilmu yang lebih kompleks

Jangan puas dengan ilmu yang kamu peroleh dari bangku sekolah, kamu bisa mengembangkan pengetahuanmu ke pendidikan yang lebih tinggi lagi. Kalau di SMA kamu hanya belajar tentang dasar ilmu, maka di kuliahlah kamu akan belajar sesuatu yang lebih kompleks. Walau mungkin lebih rumit, tapi kan kamu juga tambah jago dalam menyerap ilmu.

5. Usaha juga butuh ilmu

Kamu memilih tidak melanjutkan pendidikannya karena ingin membuka usaha. Itu gak salah sama sekali. Namun, mungkin kamu bisa lebih siap jika kamu belajar tentang manajemen dan seluk beluk usaha, dan ilmu seperti itu bisa kamu peroleh dari bangku kuliah. Memang benar, dalam usaha, pengalaman adalah yang utama, namun ilmu juga punya peran penting bukan? Agar setiap langkah yang kamu jalani dalam menjalani usaha menjadi lebih efektif lagi.

 

 


Artikel Terkait