5 Solusi Bagi Kamu yang Gak Fokus di Kelas

Tlumacki_melrosehighschoolsmartphones_lifestyle151

Saat mengikuti perkuliahan di kelas, fokus adalah masalah yang sering dihadapi para pelajar. Apalagi kalau udah siang tuh, pasti deh udah kelihangan fokus. Pikiran udah berkelana kemana-mana. Bagi sebagian orang mungkin bukan masalah serius, namun bagi orang yang fokusnya mudah hilang gimana?

Mahasiswa memang makhluk yang fokusnya mudah hilang, alasannya banyak sob. Bisa gara-gara tadi pagi lupa sarapan, atau karena begadang malam harinya. Kalau udah gini, semua materi yang disampaikan dosen bakal hilang begitu aja. Masuk kuping kanan, keluar lagi ke kuping kiri.

Nah bagi kamu yang takut kehilangan fokus, simak ulasan berikut ini sob! Dijamin bermanfaat banget deh, Check it out!

1. Kalau kamu sulit untuk mencatet, rekam!

Kalau masalah kamu adalah sulit untuk mencatat apa yang disampaikan dosen. Gak usah khawatir sob, kamu bisa merekamnya bukan? Zaman udah canggih gini, kenapa gak digunain tuh teknologi. Jadi, kamu gak usah khawatir untuk gak ngerti. Namun bukan berarti kalau kamu bisa merekam materi, kamu malah molor dikelas. Itu sama aja sob!

2. Kalau gak dengar dosen, pindah ke depan!

Nah, kalau kamu kurang fokus lantaran kamu gak bisa mendengarkan penjelasan dari dosen dengan baik. Hal yang bisa kamu lakuin adalah pindah ke bangku barisan depan sob! Nah, dijamin bisa dengar dan tambah fokus deh kuliahnya.

3. Kalau kamu ngantuk, jangan begadang!

Sebenarnya ini salah kita juga sob, kita mengeluh gak fokus karena ngantuk. Tetapi, kita masih aja begadang dan tidurnya telat. Gini deh, kalau kamu begadang gara-gara tugas, bukan berarti kamu mahasiswa yang rajin loh sob. Itu artinya kamu telah melalaikan waktu yang udah diberikn untuk mengerjain tugas. Gak mungkin kan dosen kamu ngasih tugas banyak, dan harus diselesaikan dalam waktu semalam doang. Pasti mereka ngasih waktu minimal tiga harian gitu. Nah, pergunaan waktu sebaik-baiknya deh, agar kamu gak perlu begadang, dan ujung-ujungnya gak fokus di kelas.

4. Laper di kelas, sarapan!

Kalau masalah gak bisa fokus lantaran kamu lupa sarapan. Berarti itu benar-benar jadi masalahmu sob. Melewatkan sarapan memang biasanya menjadi kebiasaan mahasiswa, apalagi lagi mahasiswa perantauan. Ubah deh pola hidupmu, biasakan lah sarapan. Kalo gak, ya kamu gak bakal bisa fokus sob.

5. Gak ngerti materi, belajar lagi!

Mungkin kita gak sepintar teman-teman yang lain, kita gak bisa memahami materi perkuliahan hanya dengan duduk dan mendengarkan dosen menjelaskan. Jangan takut! Itu artinya kamu harus lebih giat lagi belajar, kalau bisa aktif sedikitlah, datangi dosen jika kamu memang gak ngerti ama materi yang disampaikan.


Artikel Terkait