Apakah Cinta Adalah Sebuah Kebodohan?

love

Aku sering bertanya. Untuk apa sepasang muda-mudi mengucapkan selamat pagi, selamat makan, selamat tidur. Setiap hari. Tanpa bosan.

Apa manfaatnya? Kenapa tidak ada rasa bosan mengucapkan hal yang sama berhari-hari.

Tapi cinta menjelaskan segalanya. Karena begitulah cinta, tak peduli apapun, itu adalah cinta.

Membuat semua hal membosankan begitu indah diulang-ulang. Karena begitulah cinta, jangan tanyakan masalah logika. Tidak ada kamusnya.

couple hug love
Couple Hug Love via http://loveshayari.co/

Aku juga heran bagaimana mungkin cinta bisa membuat seseorang sebahagia itu. Wajah cemberut bisa menjadi merona seketika. Hati yang gelisah berubah cerah ketika jumpa dirinya.

Aneh. Cinta begitu aneh.

Aku sering melihat sepasang remaja yang bertengkar di tepi danau. Sang wanita menangis ditinggal lelakinya. Apakah itu cinta? Apakah cinta memerlukan luka dan airmata?

Sepasang kakek nenek penjual nasi uduk juga memperlihatkan cinta di sepasang mata mereka. Si kakek hanya diam dan tersenyum ketika sang nenek menyuguhinya segelas teh hangat dan semangkuk bubur ayam.

Aku percaya, tatapan itu, adalah tatapan yang sama yang berasal dari puluhan tahun silam. Tetap sama, karena ternyata, cinta semacam itu memang ada. Cinta sejati yang tak termakan usia.

old couple in love
Old Couple in Love via http://youqueen.com/

Lantas, bagi mereka yang memilih untuk tetap sendiri, cinta macam apa yang mereka harapkan?

Seorang duda tua yang tersenyum indah melihat sepasang pengantin baru menghabiskan waktu berduaan berlarian di pinggir pantai.

Tak ingin membuka hati, karena baginya, istrinya yang telah lebih dulu meninggalkan dunia selalu ada diantara mata-mata manusia yang dimabuk asmara.

Di kampus, di jalanan, di dapur, dimana-mana. Dia bisa melihat cinta lewat sejuta media yang maya.

Dan cinta, menjadi sesuatu yang lumrah. Semua orang merasa benar untuk saling membunuh karena cinta, berkomitmen mati berdua atas nama cinta, memberikan segalanya sebelum pernikahan karena cinta adalah pengorbanan.

Hingga cinta dan kebodohan adalah  dua hal yang tidak punya beda. Begitu sama. Hingga semua orang yang dilanda cinta dianggap bodoh oleh orang-orang yang merasa dirinya pintar.

Itulah kenapa orang-orang yang merasa pintar memutuskan untuk menutup hati hingga mereka menutup mata, menjadi jasad hampa tanpa mengerti apa itu cinta yang sesungguhnya.

Itulah kenapa ada gay, lesbian, biseksual dan semacamnya.

Karena cinta dimata mereka adalah sebuah kebodohan yang dirangkai sedemikian rupa agar tampak begitu indah tapi nihil. Nol besar.

Dan begitulah manusia, selalu punya cara masing-masing dalam memaknai dan menerjemahkan sang cinta.

Pertanyaannya, kau ada dimana?


Artikel Terkait