6 Tips Belanja Hemat Ala Anak Kos

 

Belanja mingguan, belanja bulanan. Pokoknya atas nama belanja adalah hal paling menyenangkan bagi anak kos, sekaligus mengerikan. Kenapa mengerikan?

Karena uang bulanan anda, bisa raib dalam 2 jam jika tidak dikontrol dengan baik. Jika itu terjadi, anda akan menderita karena setiap hari harus makan mie instan tiga kali sehari. Hahaha

Nah, berikut tips belanja anak kos ala ayobuka.com.

1. Daftar Belanja

Shopping list via www.sparklebox.co.uk
Shopping list via www.sparklebox.co.uk

Kalo kamu mau belanja. Jangan lupa persiapkan shopping list alias daftar belanja dari rumah ya. Apalagi para wanita, bisa berabe kalo gak pakek shopping list. Bisa diembatnya semua diskon. Haha

Alhasil, bangkrut dihari pertama. Bangkrut sebangkrut-bangkrutnya. Hingga akhir bulan minus alias ngutang sana-sini.

Shopping list dibuat untuk dipatuhi, jadi, beli saja yang ada di shopping list. Jangan melenceng! Berjanjilah pada diri sendiri untuk tidak melenceng. Komitmen! That’s it!

2. Bandingkan Harga

Daftar harga via dealerkiospulsaku.wordpress.com
Daftar harga via dealerkiospulsaku.wordpress.com

Bukannya pelit, tapi anak kos mesti itung-itungan, itu wajib! Secara, kalkulasi semua hal harus  tepat. Antara detergen cair sama gak itu harganya udah pasti beda.

Kamu juga mesti periksa harga detergen lain, berapa gramnya, bedanya berapa. Baru deh putusin beli yang mana. Boleh beli yang paling murah tapi liat juga kualitasnya. Kalo abal-abal, mending beli yang mahal dikit sih.

Jadi intinya, cari yang murah, kualitas minimal lumayan, dan banyaaak. Hahaha

3. Promo!!! Tanggal Kadaluarsa!

Promo via paket-promo.blogspot.com
Promo via paket-promo.blogspot.com

Promo!!! Biasanya produk-produk tertentu sering promo entah itu berupa harga, atau beli 2 gratis satu atau beli 1 gratis payung  hehe.

Kamu harus update soal promo ini, biasanya kalo cewek, temennya suka bahagia kalo ada promo jadi disebarin ke satu kampus.

Kalo denger promo itu, kamu jangan mau kalah, datengin langsung deh itu tempat. Hahaha

Tapi jangan lupa liat tanggal kadaluarsanya. Gak lucu, promonya kereen, beli 1 gratis 5, tapi besok kadaluarsa. Hihii

Kamu juga harus hati-hati liat promo, ada banyak promo yang sebenarnya kalo diitung-itung sama ajaa. Nah, disini, otak kamu diperlukan. Sangat!

4. Bawa Duit Pas

Receh via baltyra.com
Receh via baltyra.com

Di shopping list kamu, kamu itung deh perkiraan belanja kamu, lebihin dikit gak papa kali, tapi jangan lebihin banyak-banyak. Hehe. Jadi  pas keinginan shopping gak penting kamu meningkat ketika melihat baju-baju lucu atau rok-rok keren, kamu terpaksa gak jadi beli karena bawa duit pas-pasan. Hehe

Eitz, kalo kamu pergi sama temen, jangan sampe ngutang lho ya cuma untuk beli benda-benda yang gak ada di list!

5. Belanja Diakhir Pekan

Diskon via discount.bukalapak.com
Diskon via discount.bukalapak.com

Ada apa di akhir pekan? Ya! Diskon! Iya sih, pusat pemberlanjaan bakalan rame me me. Tapi ya, itulah perjuangan anak kos, gakpapa desak-desakan dikit, tapi dapet diskon. Hahaha

Happy shopping. Be a smart shopper!


Artikel Terkait