Kesalahan-Kesalahan yang Sering Terjadi Ketika Memutuskan Untuk Menjalani Karir yang Baru

Kesalahan dalam mencari karir baru via www.guideposts.org

Setiap orang pasti pernah berada dalam persimpangan jalan. Kamu pasti pernah merasa jalan yang sedang kamu jalani sekarang bukanlah jalan yang benar untuk dirimu. Kamu merasa berada di tempat yang salah. Lalu, kamu berpikiran untuk mengubah jalan dan mencoba untuk menuju ke tempat di mana seharusnya kamu berada.

Butuh keberanian untuk beralih dari satu tempat ke tempat lain. Butuh pemikiran yang matang sob, sebab tanpa perhitungan yang matang. Bisa jadi kamu malah terjebak dengan dirimu sendiri. Mengertikah maksudnya? Kita lagi bicara tentang karir nih sob, jadi suatu ketika kamu gak nyaman nih ama pekerjaan yang sedang kamu jalani dan kamu pengen menjalani pekerjaan yang baru.

Kesalahan dalam mencari karir baru via www.guideposts.org
Kesalahan dalam mencari karir baru via www.guideposts.org

Nah dalam fase perpindahan ini sering kali kita ngelakuin kesalahan sob, di mana kesalahan tersebut membuat kita kejebak sendiri ama ambisi kita tadi. Ngerti kan sekarang? Jadi, apa aja ni kesalahan yang sering terjadi dalam proses peralihan karir. Simak langsung aja deh ulasan berikut ini! Semoga bermanfaat!

1. Kita lari karena kita merusaknya

Nah, situasi kaya gini pasti sering kita alami. Kita mau pergi dari karir kita cuma karena kita punya masalah dengan karir kita sekarang. Masalahnya beragam, bisa aja dengan rekan kerja kita atau yang lainnya. Kalau kamu mau beralih karir cuma karena hal ini, maka sebaiknya kamu harus berhenti sejenak sob. Maksudnya? Kamu gak bisa sob lari karena masalah. Hal yang harus kamu lakukan adalah memperbaiki kesalahan yang kamu buat sob. Setelah semua baik-baik aja, baru deh kamu bisa pergi.

2. Tidak punya rencana yang matang

Ini adalah kesalahan yang sering dilakukan ketika kita mencari karir baru. Gak punya rencana yang matang. Serius deh, banyak tekanan yang bakal kamu dapat ketika kamu harus mencari karir baru. Terutama masalah finansial. Nah, ketika kamu memutuskan pergi sementara kamu belum punya perencanaan mau kemana? mau berbuat apa? Nanti kamu bakal merasakan sendiri deh bahwa susahnya memulai sesuatu yang baru. Jadi, siapkanlah perencanaan yang matang sebelum beralih karir.

3. Kamu gak tahu apa yang kamu inginkan

Masalah yang cukup krusial adalah kamu gak tahu apa yang sebenarnya kamu inginkan. Kamu pergi karena ketidaknyamanan yang kamu rasakan. Bukan karena keinginan dalam hati paling dalam. Setidaknya ketika kamu memutuskan untuk pergi, maka kamu harus tahu sob apa sih yang kamu inginkan sebenarnya, apa yang kamu punya untuk menunjang karir kamu yang baru, dan siapkah kamu untuk berbaur dengan lingkungan yang baru.

4. Putus asa

Percaya deh, bahwa gak ada yang mudah dalam langkah awal dalam karir. Butuh kerja keras dan semangat yang besar. Tanpa itu kamu hanya akan putus asa dengan keadaan. Mau balik kebelakang lagi gak bisa, jadi mau kamu apa sih? Perubahan besar dalam hidup gak akan bisa terjadi dalam waktu singkat. Butuh kesabaran sob!


Artikel Terkait