Hal-hal Nakal yang Sering Dilakukan Anak Kuliahan

Kelakuan Nakal Anak Kuliahan via http://previews.123rf.com/

Masa kuliah memang adalah masa di mana tanggung jawab adalah hal yang paling penting dan hanya kamulah yang menentukannya. Kesadaraan adalah hal utama dalam setiap tanggung jawab. Karena itulah mengapa ketika kuliah kita dibutuhkan tanggung jawab. Sebab kuliah adalah proses penting dalam seseorang menjadi dewasa.

Kelakuan Nakal Anak Kuliahan via http://previews.123rf.com/
Kelakuan Nakal Anak Kuliahan via http://previews.123rf.com/

Ketika di SMA mungkin orangtua dan guru di sekolah memiliki peran penting, mereka mengatur segala hal yang kamu lakukan selama masa sekolah. Namun ketika di dunia perkuliahan segala hal berbeda, kamu sendirilah yang memilih. Itulah mengapa terkadang banyak hal nakal yang kita lakukan ketika kuliah. Apa saja itu? Simak ulasan berikut ya sob. Semoga bermanfaat!

1. Bolos dan cabut saat kuliah

Ini adalah dosa yang sering kita lakukan ketika menjadi mahasiswa. Sebenarnya banyak alasan mengapa kita memilih membolos, misalnya malas, gak suka ama mata kuliahnya, atau bahkan gak suka ama dosen. Ini adalah kesalahan yang sangat merugikan diri kita sob. Banyak ilmu yang kita lewati ketika membolos, apalagi jika absensi dijadikan salah satu syarat ujian semester. Kan berabe jadinya.

2. Titip absen

Ada-ada aja cara seorang mahasiswa untuk memanipulasi absen. Salah satunya dengan cara titip absen. Kita biasanya mememinta teman kita untuk mengabsenkan sembari kita sedang molor di kamar kosan. Masalahnya adalah ketika tindakanmu ini telah menjadi budaya. Hal ini akan mengubah mindset kamu sob. Siapa yang akan dirugikan? Kamu sendiri sob!

3. Tugas tinggal copas

Karena rasa malas yang melanda sejak zaman prasejarah, kamu pun juga malas dalam mengerjakan tugas. Kamu memilih untuk menunggu hasil kerja temanmu dan tinggal copas deh. Jangan sampai hal ini menjadi kebiasaan sob, sebab kamu akan kesusahan nanti ketika menulis skripsi atau tugas akhir.

4. Mem-bully teman

Memang masa-masa awal kuliah adalah masa yang sakral dalam pendewasaan kita. Bahkan sering kali kita malah salah dalam bertindak. Seperti melakukan tindakan di luar batas kewajaran seperti bullying. Kamu pasti sering mendengar bukan tindakan gak wajar ketika ospek di beberapa perguruan tinggi. Jadi, jangan sampai deh hal ini menjadi budaya, bahaya banget buat masa depan pendidikan Indonesia.


Artikel Terkait