Lelah Beraktivitas Seharian? Sesampainya Di Kos, Jangan Pernah Lakukan 5 Hal Ini Jika Tak ingin Menyesal!

Ngampus dari pagi hingga sore. Sesampainya di kos capeknya pooool. Pengennya tidur sampe besok pagi. Wah, Sahabat ABe, itu sangat memprihatinkan. Hehe. Apapun yang terjadi, selelah apapun, jangan lakukan 5 hal ini ya!

1. Langsung Baring

Ketiduran via chandrajunior.blogspot.com
Ketiduran via chandrajunior.blogspot.com

Kamu tahu apa yang terjadi ketika sedang lelah-lelahnya, lalu sesampainya dirumah atau kos, kamu langsung menghempaskan diri di kasur. Heaven. Surga. 9 dari 10 orang akan ketiduran dengan cepat dan baru terjaga tengah malam.

Dan rasakanlah sensasinya. Bau busuk belum mandi hingga rasa sedih karena ketinggalan sholat ashar, melewatkan sholat maghrib dan telat sholat isya. Dan biasanya kalau terjaga tengah malam, hanya ada dua pilihan, gak bisa lanjut tidur sampe pagi yang artinya paginya kamu bakal tetep ngantuk atau gak bisa bangun alias tidur lagi sampe lumayan kesiangan alias melewatkan sholat isya dan subuh. Melewatkan 4 sholat sekaligus!

Hmm… Jangan coba-coba baring yaa… Kecuali kalo kamu emang punya self-control yang bener-bener excellent. Hehe

2. Kerja Berat

Kerja berat via uniqpost.com
Kerja berat via uniqpost.com

Ada juga makhluk kerajinan yang seharian menguras tenaga, sesampainya di kos langsung kerja berat seperti nyuci sebaskom gede atau nyetrika segunung kain dua bulan atau nyapuin kamar satu kos. Haha. Bukannya tidak boleh, tapi izinkan tubuh dan otak kita untuk rileks sejenak.

Seperti mendengarkan musik, nge-games, dan hal-hal asyik lainnya. Tapi jangan sambil baring ya, nanti ketiduran. Hehe.

3. Malas Mandi

Malas mandi via www.kucing.my
Malas mandi via www.kucing.my

Ada baiknya setelah kamu rileks sejenak, kamu lanjutkan dengan mandi sehingga otak dan tubuh kamu lebih fresh. Dan jika setelah itu kamu mau nyetrika segunung atau mau ngelanjutin belajar, silakan, setidaknya setelah mandi, sholat dan lain-lain kamu bisa lebih seger dan terjaga lebih lama untuk nunggu magrib dan isya. Jadi kamu gak akan ngelewatin sholat 5 waktu yang wajib sehari semalam.

4. Makan-Tidur

Makan via kolom-unik.blogspot.com
Makan via kolom-unik.blogspot.com

Boleh makan kalo laper tingjat dewa sesampainya di kos. Tapi setelah itu jangan baring, aturan pertama, karena baring bikin kamu lebih cepat tidur dan tidur kamu bakalan lebih nyenyak malah setelah makan. Hmm….. Dan mungkin baru kebangun besok pagi dalam keadaan yang sangat mengerikan karena belum mandi, abis makan, tak gosok gigi. OMG!

5. Lupa Doa

Berdoa via mittamicha.wordpeess.com
Berdoa via mittamicha.wordpress.com

Dan setelah semuanya hal diatas terjadi, kamu akan tidur dalam keadaan lupa berdoa yang jika dalam tidur nyenyak itu kamu diambil nyawanya alias dead done, finished, kamu sendiri yang tahu akhir hayat hidupmu.

Doa yang baik sebelum tidur adalah surat Al-Mulk. Insya Allah kamu rutinkan, akhir hayat hidup kita khusnul khatimah. Aamiin.

Jadi pikirkan lagi jika ingin melakukan hal-hal diatas dalam kelelahan. Control your self!


Artikel Terkait