5 Tanda Meninggal Dalam Keadaan Khusnul Khatimah

Khusnul khatimah. Siapa yang tidak mau meninggal dalam keadaan sebaik itu? Semua orang mau, tapi mau saja tidak akan pernah cukup. Ada banyak hal yang harus dilakukan untuk bisa menggapai khusnul khatimah.

Kebersihan hati salah satunya. Karena tak peduli sebanyak apapun kebaikan yang kita lakukan, jika hati kita dipenuhi niat-niat duniawi apa gunanya? Hanya Allah yang tahu siapa yang khusnul khatimah diantara kita semua. Namun, ada tanda-tanda khusnul khatimah dari beberapa hadist. Apa saja? Scroll down!

  1. Syahadat dan Berkeringat

Berkeringat via iberita.com
Berkeringat via iberita.com

Dalam hadist HR. Abu Daud, orang yang meninggal setelah mengucapkan kalimat syahadat maka ia bisa dikatakan meninggal dalam keadaan khusnul khatimah.

Begitu juga jika ia meninggal dalam keadaan berkeringat, hadist HR. Tirmidzi menyatakan bahwa itu juga salah satu tanda khusnul khatimah. Subhanallah,….

  1. Siang Jum’at atau Malam Jum’at dan Mati Syahid

Mati syahid via photobucket.com
Mati syahid via photobucket.com

Menurut hadist HR. Tirmidzi, orang yang meninggal pada siang di hari Jum’at atau malam Jum’at, ia termasuk khusnul khatimah mengingat begitu agungnya hari Jum’at bagi islam. Banyak para ulama yang meninggal di hari ini, ada juga yang dalam keadaan bersujud. Mashaa Allah….

Mati syahid atau meninggal ketika perang mempertahankan kebenaran Allah dalam QS.3 : 169-171 juga termasuk meninggal dalam keadaan khusnul khatimah. Bahkan dalam riwayat lain mengatakan bahwa orang yang mati syahid sesungguhnya tidak pernah mati. Mereka hidup, selalu, disisi Allah.

  1. Radang Selaput Dada, Tha’un, Sakit Perut, dan TBC

Sakit perut via hariansehat.com
Sakit perut via hariansehat.com

Radang selaput dada (HR. Ahmad) Tha’un (HR. Bukhari), Sakit perut (HR. Muslim) serta TBC (Ath Thabrani) adalah penyakit-penyakit yang merupakan peyebab khusnul khatimah. Banyak orang-orang salih yang tidak ada sakit sama sekali tapi tiba-tiba sakit perut dan meninggal dengan rentang waktu yang sangat cepat. Sesuatu yang terkadang memang membuat kita bingung dan menimbulkan pertanyaan. Tapi Allah yang Maha Mengetahui Segalanya.

  1. Tenggelam dan Tertimpa Reruntuhan

Tenggelam via radarpena.com
Tenggelam via radarpena.com

Tenggelam juga merupakan salah satu tanda khusnul khatimah. Begitu juga dengan tertimpa reruntuhan menurut HR. Bukhari dan Muslim. Wallahu’alam.

  1. Karena Anak yang Dikandungnya

Melahirkan via disehat.com
Melahirkan via disehat.com

Menurut HR. Ahmad, seorang ibu yang meninggal karena anak yang dikandungnya atau dalam keadaan sedang melahirkan dan sang ibu meninggal, sang ibu termasuk meninggal dalam keadaan khusnul khatimah. Subhanallah, see? Betapa mulianya seorang ibu. Karena sejak kita didalam kandungan, ibu sudah rela menyerahkan segalanya untuk kita, termasuk nyawanya sekalipun. Sudahh saatnya kita malu melawan ibu apalagi durhaka padanya.

  1. Beramal Saleh

Berbuat baik via haidirbaqir.com
Berbuat baik via haidirbaqir.com

Yang keenam adalah meninggal pada saat melakukan amal saleh, HR. Ahmad. Hadist ini membuat kita sadar bagaimana pentingnya berbuat kebaikan disetiap saat. Karenaa kita tidak tahu pada detik yang mana Tuhan memanggil kita. Pada detik kita melakukan kebaikan atau kejahatan? Semoga kita dijemput ketika beramal saleh dan kita diberi kekuatan untuk terus berbuaat baik. Aamiin.

  1. Terbakar Api

Kebakaran via jkt.life
Kebakaran via jkt.life

Terbakar abi juga termasuk tanda khusnul khatimah. Apakah orang yang meninggal dalam kebakaran semuanya khusnul khatimah? Hanya Allah yang tahu. Ini hannya tanda-tanda dirujuk dari hadist dan Al-Qur’an yang dilansir dari buku Misteri Malam Pertama Di Alam Kubur. Kita bisa percaya atau tidak, namun, mempersiapkan diri adalah jawaban paling baik dalam menjemput kematian. Agar kelak, jika kita dijemput, kita bisa tersenyum lega, karena surga tempat kita kembali. Insya Allah.


Artikel Terkait