Tips Memilih Kos-Kosan Agar Kamu Tidak Menyesal Dan Berpindah-Pindah

Desain Kamar Kost Minimalis dan Kreatif Terbaru-6

Bagi kamu makhluk perantauan yang baru mau kuliah, kerja atau apapun itu yang jelas perantau, jauh dari orang tua dan tentunya butuh tempat tinggal yang dalam hal ini kos lah yang mendominasi.

Kalo kamu masih bingung mau ngekos dimana atau gak nyaman di kos yang sekarang. Berikut tips memilih kos versi Redaksi ABe.

1. Jangan Jauh-Jauh Dari Kampus

Kos-kosan via gorselburada.com
Kos-kosan via gorselburada.com

Kalo kamu mahasiswa yang hari-harinya dihabiskan rata-rata di kampus, please, jangan cari kos yang jauuuuuuuuuh banget dari peradaban, eh dari kampus maksudnya.

Iya kalo kamu punya kendaraan, tapi kalo jalan kaki atau pakai sepeda terus nyari kos yang 30 kilo dari kampus, kan mampiuss. Hehe…. Bukannya gak boleh jauh-jauh, tapi pikirkan baik-baik.

Kalo kos kamu jauh, tapi gak punya kendaraan, berharap angkutan umum, itu sangat memakan biaya dan waktumu! Okelah, kalo kamu wonder woman atau spiderman, tapi gak gitu juga keles. Haha. Punya pun kamu kendaraan, pikirkan lagi.

Apa alasannya begitu kuat? Misalnya emang tinggal sama ortu, jagain nenek yang sakit, dan sebagainya. Tapi kalo cuma untuk nyari sensasi, ya janganlah.

Pertimbangkan juga, kamu suka telat gak? Ini, kuliah jam 8, kamu bangun jam 8, belum siap-siapnya, sarapan, dan lain-lain. Nyampe kampus kamu bisa-bisa disate dosen. Itu cukup untuk membuat dosen kesal. Jadi, jarak kos ke kampus itu sangat penting yaa…

2. Ibuk Kos Galak Aja Apa Galak Banget?

ibu kost galak
Ilustrasi Ibu Kost Galak via http://jmidgetou.blogspot.co.id

Ibu kos atau penjaga kos juga salah satu faktor yang menyebabkan nyaman gak nya kamu di kos. Bu kos galak itu biasa, tapi galak jika kamu benar-benar salah, misalnya pulang telat gak bilang-bilang, eh manjat pagar kayak maling, wajar ibu kos marah.

Tapi ibu kos yang bijak gak akan marah-marah gak jelas, dia akan memberitahu kamu baik-baik dan tegas. Tegas sama jutek itu beda tipis. Jangan sampe ibu kos kamu marah-marah tiap hari.

Lama-lama kamu bakal ngerasa risih sendiri kalo punya ibu kos begituan terus gak nyaman dan ujung-ujungnya pindah kos deh. Rempong deh.

3. Berdua Atau Sendiri?

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi

Nah, ini juga gak kalah penting. Kamu mau ngekos bareng temen kamu atau sendiri? Tanyain dulu diri kamu baik-baik. Kamu tipe orang yang gimana? Kamu lebih suka sendiri atau harus ditemenin pas tidur?

Kamu belajar harus bener-bener sunyi atau gak apa apa kalo temenmu nyalain musik waktu kamu belajar? Kalo temennya temen kamu nginep di kos, kamu terima gak? Ada banyak hal yang harus ditanyakan sama diri kamu sendiri sebelum memutuskan berdua. Kamu sensitif gak?

Biasanya orang yang sensitif tidak suka berdua. Daripada ujung-ujungnya semua hal yang dilakuin temen sekamar kamu salah dan kalian jadi berantem, mending sendiri aja oke!

4. Detail

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi

Pas milih kos, jangan lupa cek airnya ya. Mau kamar mandinya didalem ato diluar, air sangat penting. Karena kita tiap hari mandi, nyuci juga pakek air yang sama.

Gak lucu kalo kamu mandi pakek air yang banyak cacingnya, atau baunya na’udzubillah. Itu sungguh gak lucu. Jadi semua detail tentang kos itu kamu harus tahu.

Safety-nya gimana, tutupnya jam berapa, fasilitasnya apa aja, kunci kamarnya gimana, terkadang ada kos yang hanya pakek kunci pintu tanpa ada bundelan. Itu kurang aman. Terus terali, itu juga penting. Pokoknya cek sampe ke detail-detail kecil. Jangan sampe baru satu hari nginep kamu udah kemalingan.

5. Ukuran Kamar

Desain Kamar Kost Minimalis dan Kreatif Terbaru-6
Perhatikan ukuran kamar kost via http://www.rumahminimaliscantik.com

Sebenernya ukuran kamar itu tergantung budget kamu buat kos. Kalo mau yang lumayan gede, uangnya juga lumayan. Kalo mau yang murah siap-siap sumpek gak nafas. Hehe.

Tapi kalo mau kos yang murah tapi lumayan gede, biasanya kosan yang gak begitu dekat ke kampus harganya jauh lebih murah dengan ukuran yang lumayan  juga.

Kalo kamu punya kendaraan dan pengen kos yang murah, saran penulis, pilih aja kos yang gak begitu dekat sama kampus. Eitz, tapi pastiin dulu kamu disiplin bangun pagi biar gak telat.

6. Fasilitas vs Budget

kamar kost
Fasilitas vs budget via http://hunianrumah.com

Ada kos yang fasilitasnya lengkap dan ada yang sama sekali kosong melompong. Yang lengkap pastinya jauh lebih mahal dari yang kosong melompong.

Yang lengkap, intinya kamu tinggal angkut baju sama buku, udah, selesai. Kasur, lemari, semuanya udah disiapin . Kalo yang kosong bisa murah banget karena kamu udah mau kayak pindahan aje, bawa kasur, lemari, baju, dan sebagainya.

Ada juga kosan yang servicenya udahh kayak hotel. Kamu pokoknya tinggal kuliah, main, tidur. Udah! Mereka yang nyetrika, sarapan sampe makan malam tinggal makan, pokoknya top markotop deh, tapi ya budgetnya bisa dua sampe tiga kali lipat kos menengah atau 10 sampe 15 kali lipat kos yang kosong melompong.

Tinggal kamunya sih, kalo mau yang murah, pilih yang kosong melompong, konsekuensinya beli kasur, lemari dan lain-lain sendiri. Kalo males beli-beli yang begituan, pilih yang menengah aja. Kalo rasanya sibuk banget, atau anak mami banget, pilih yang ekslusif khas hotel berbintang. Choice is always yours!

7. Jangan Jadi Penghuni Pertama

tempat angker
Jangan jadi penghuni pertama via http://panjimas.com

Biasanya di daerah kampus bakal ada buanyaaaak banget kosan. Ada yang udah lama exist, ada yang baru jadi, ada yang masih dibangun.

Nah, biasanya kos yang baru jadi dan penampakan luar dalemnya bagus, bakal jadi inceran mahasiswa nih. Tapi kalo kamu mau pindah, kamu pastiin dulu, kamu gak sendiri. Misalnya ada 2 orang lagi yang akan ngekos disana tiga hari kemudian atau kamu ajak temen kamu pindah juga.

Karena kalo jadi penghuni pertama itu lumayan horor, iya kalo penjaganya di kos terus, kalo penjaganya kelayapan atau ada urusan mendadak, udah deh, makin horor ituuu. Tapi tergantung tingkat keimanan kamu juga sih. Hehehe

8. Beli Rumah Aja

rumah minimalis
Rumah minimalis via http://www.bibeh.com

Kalo saran penulis, bagi kamu yang baru mau kuliah dan punya kendaraan, mending beli rumah aja deh, lunas ataupun kredit. Karena menurut penulis, ngekos itu rugi.

Daripada bayar kos mending bayar kredit rumah atau beli lunas. Jadi, kamu punya satu rumah di tempat kamu kuliah. Kalo seandainya nanti kamu udah lulus, rumahnya bisa di kos-in atau dikontrakkan atau jadi tempat liburan kamu dan keluarga.

Atau mungkin kamu udah punya calon suami atau istri, ya udah, nikah, udah ada rumah. Haha

Ya begitulah cerita kita seputar kos. Sebenernya, mau kosnya gimana pun, murah atau mahal, kecil atau gede, semuanya kembali ke kamu sih, percuma ekslusif tapi ujung-ujungnya kamu sibuk main, lupa kuliah.

Yang penting ikhlas kuliah. Bagi kamu yang mampunya nyewa kos yang kecil, gak apa-apa, yang penting hati kamu lapang. Kuliah itu kan bukan lomba kos siapa yang paling bagus atau mewah. Lagian orang-orang sukses banyak yang terbentuk dalam tekanan hidup seperti itu. So, selamat memilih kos, semangat kuliah!


Artikel Terkait