SUKSES Modal Ijazah SD? BISA! Mereka Buktinya!

Sukse Modal Ijazah SD via www.teropongbisnis.com

Banyak orang bilang, gak mungkin sukses kalau tidak berpendidikan tinggi. Yaa, minimal lulus kuliah lah. Jikalau memang begitu adanya, bohong dong Undang Undang Dasar kita yang kalimat pertama setelah PEMBUKAAN adalah, “Bahwa kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa”.

Iya! Menjadi sukses adalah sebuah kemerdekaan! Lantas jika sukses menuntut pendidikan tinggi, bagaimana dengan mereka-mereka yang terpaksa maupun dipaksa putus sekolah? Mereka tidak berhak sukses? Gitu? Sedih yaa…

Supaya gak sedih lagi, berikut ABe tampilkan 5 orang sukses yang bermodalkan ijazah SD.

1. Basrizal Koto

Basrizal Koto
Basrizal Koto via www.teropongbisnis.com

Kamu yang di Sumatera Barat khususnya Padang pasti tahu Basko Grand Mall kan? Tahu apa kepanjangan BASKO? Iya, Basrizal Koto!

Beliau adalah pemilik dari Mall itu. Beliau lahir di Kampung Lading, Pariaman. Beliau terpaksa putus sekolah karena keadaan orang tua yang tak sanggup membiayai sekolahnya.

Jangankan sekolah, untuk makan sekali sehari saja sangat susah! Lantas, dengan keinginan sangat kuat untuk merubah nasib dan mengangkat derajat orang tua, beliau rela meninggalkan sekolahnya dan merantau ke Riau dan mengawali usahanya dengan berjualan pete.

Kini, beliau mengelola 15 perusahaan dan terjun ke bisnis batu bara sejak 2006. Wew,…!

2. Andri Aryansah

Andri Aryansah
Andri Aryansah via http://blogsangpemenang.blogspot.co.id/

Pria yang berijazah SD ini kini menjadi usahawan sukses dengan omset mencapai 70 juta per bulan. Dia pernah menjadi pembantu rumah tangga di daerah Dipati Ukur selama tiga tahun. Lantas dia bekerja di Record Man sebuah toko pakaian dengan musik cadas pada tahun 2004.

Karena kejujurannya, dia dipromosikan menjadi manager toko tersebut. Setelah tujuh tahun bekerja, dia memutuskan untuk keluar dan sukses membuka bisnis pakaian sendiri. Dia membuktikan bahwa keterbatasan pendidikan bukanlah halangan untuk menjadi sukses selagi kita punya keberanian untuk tetap berjuang:)

3. Andrie Wongso

Andrie Wongso
Andrie Wongso via www.teropongbisnis.com

Andrie lahir di Kota Malang. Kehidupan yang jangan kan pas-pasan, yang ada malah kurang, membuatnya terpaksa berhenti sekolah. Masa kecil hingga remaja dihabiskannya dengan membantu orang tua membuat kue dan berjualan kue ke toko-toko dan pasar.

Tak lama, ia memutuskan pindah ke ibu kota untuk mengadu nasib. Di ibukota, ia memulai perjalanan karirnya dengan menjadi salesman produk sabun dan menjadi pelayan toko. Lika-liku hidup pun dijalaninya.

Sekarang dia dikenal sebagai pengusaha sukses dan motivator di Indonesia. Intinya, semua kesusahan hidup itu harus dijalani dan disyukuri, tidak cukup dengan direnungi saja. Semua hal hebat butuh  ACTION, Mas Brooooh.

4. Eka Tjipta Wijaja

Eka Tjipta Wijaja via cdn2.scmp.com
Eka Tjipta Wijaja via cdn2.scmp.com

Siapa yang tidak tahu beliau? Bos dari grup Sinarmas dan termasuk 10 orang terkaya di Indonesia. Beliau hanya bisa menamatkan pendidikan hingga sekolah dasar karena keterbatasan ekonomi.

Karena kerja keras dan keteguhan bersungguh-sungguh, kini beliau telah memiliki lebih dari 200 perusahaan dengan ratusan ribu pegawai. Beliau menyumbangkan hal yang benar-benar Indonesia butuhkan; Lapangan Pekerjaan.

5. Sukarno Munawar

Banyak orang bilang, hobi yang ditekuni akan menjadi hal yang begitu berharga. Inilah yang dilakukan Sukarno Munawar. Bermula dari hobi berternak kelinci, lantas kepiawaian beliau berbudidaya kelinci banyak dilirik anak-anak hingga peneliti-peneliti asing.

Beliau memang hanya lulusan sekolah dasar, namun sensasi bahagia menekuni hobi adalah sesuatu yang tidak dipelajari di sekolah manapun. Ini urusan hati, sekolahnya pun cukup didalam hati saja. hehe

Jadi, bagi Sahabat ABe yang putus asa karena tidak berpendidikan tinggi, jangan bersedih! Bagaimanapun latar belakang kita, kita PASTI bisa sukses! Belajar dari 5 orang diatas, kerja keras, berani, sungguh-sungguh dan tentunya dibarengi doa agar suksesnya berkah:)

Eitsss, tapi ini bukan alasan untuk tidak bersekolah ya. 5 orang diatas tidak bersekolah karena keterbatasan ekonomi. Kalau Sahabat ABe masih tergolong mampu, lanjutkanlah sekolah setinggi-tingginya.

Ah, tapi, tetap saja, hidup itu pilihan kan?:D


Artikel Terkait