Dengan Uang Rp. 5000,- , Ini 10 Hal Luar Biasa yang Bisa Kamu Beli di Tahun 1980an dan Gak Mungkin Bisa Kamu Beli Sekarang

Uang Rp. 5000,- yang berlaku sejak tahun 1980 hingga 1988

Kalo ngomongin soal tahun 1980an kayaknya gak akan lepas dari yang namanya Orde Baru. Ya, karena pada masa itu Pemerintah Rezim Soeharto berhasil menekan angka inflasi hingga ke titik 6%. Bayangkan saja, pada masa peralihan Orde Baru ke Orde Lama ke Orde Baru, penurunan nilai tukar Rupiah terhadap dollar mengalami pelemahan yang sangat signifikan yaitu hingga 650%, sungguh menyedihkan bukan?

Namun setelah melewati masa transisi yang relatif pendek, lewat program Repelita alias Rencana Pembangunan Lima Tahun Pemerintah Soeharto berhasil membuat perekonomian Indonesia semakin stabil. Terbukti nilai tukar Dollar yang sangat anjlok di tahun 1967 dimana kurs 1 USD sama dengan Rp. 4.150,- yang kemudian di tahun 1980an 1 USD sama dengan Rp. 675,-. Artinya apa? Artinya pada tahun 1980an kebutuhan barang pokok seperti pangan, pakan dan sandang juga pastinya sangat murah dong.

Soeharto
Sticker Soeharto via http://wardhanahendra.blogspot.co.id/

Kita gak akan terlalu jauh membahas tentang sepak terjang (Alm.) Mantan Presiden Soeharto ataupun bagaimana kondisi ekonomi Indonesia pada masa itu (baca: 1980an).

Sekarang, coba kamu keluarkan satu lembar uang Rp. 5000,- mu dari dalam dompet atau kantongmu. Yap bagus! Kalau nggak ada atau nggak punya cukup dibayangkan aja. Atau Kamu bisa lihat gambar dibawah ini.

Uang Rp. 5000,- yang masih berlaku hingga saat ini
Uang Rp. 5000,- yang masih berlaku hingga saat ini
Uang Rp. 5000,- yang berlaku sejak tahun 1980 hingga 1988
Uang Rp. 5000,- yang berlaku sejak tahun 1980 hingga 1988

Coba, apa yang bisa kamu beli dengan uang 5000 itu? Paling-paling hanya dapat sebungkus nasi tanpa lauk, tissue atau satu/ dua buah pulpen. Hmmm, seperti tidak ada artinya ya uang 5000 mu itu.

Nah, sekarang coba bayangkan uang Rp. 5000,- mu dimasa sekarang kemudian kamu gunakan di tahun 1980an, Kira-kira hal-hal luar biasa apa aja yang bisa kamu beli pada masa itu? Check it out!

1. Cukup 5000 Rupiah Saja sudah dapat 33 Liter BBM Jenis Premium, Cukup Banget lah buat Mengisi Full Tank 11 Motor atau 1 Mobil Kesayanganmu

gadis di pom bensin
Gadis di Pom Bensin via https://saptamunggaran.wordpress.com

Tercatat harga bensin di tahun 1980 hanya Rp. 150,- per liter. Berbeda jauh dengan harga sekarang di tahun 2015 ini yang mengalami kenaikan hingga 5000% yakni Rp. 7.400,-/ Liter. Kalau kapasitas tangki bensin motormu hanya sebesar 3 Liter maka dengan uang 5000 kamu bisa mengisi full tank motor mu plus berbuat baik dengan nraktir 10 motor temen mu lain nya. Asyik buanget kan?

Kalo hari gini sih boro-boro bisa buat ngisi bensin full tank, satu liter aja masih kurang Rp. 2400,- 🙁 hmmm…

2. Cukup 5000 Rupiah Saja Kamu Bisa Bawa Pulang Sekarung Beras (20 Kilogram)

beras
Beras via https://teddyhartono.wordpress.com

Selain harga BBM yang murah pada masa itu, harga sembako seperti beras juga murah banget. Yaitu hanya Rp. 250,- per Kilogram. Artinya uang Rp. 5000,- hari ini bisa dipakai buat beli 20 Kg beras di tahun 1980! Cukup bangetlah buat makan sebulan.

Sangat jauh sekali perbandingannya pada tahun 2015 ini yaitu harga beras yang paling murah saja Rp. 8000,- per Kilogram. Lagi-lagi untuk beli satu kilo aja masih kurang 3000 ya?

3. Cukup 5000 Rupiah Saja, Kamu Bisa Reservasi Full Satu Bioskop

nonton di bisokop
Nonton di Biosko via https://scribersinternational.wordpress.com/

Hehe, serius sob. Jangan kamu bandingin harga tiket bioskop di tahun 2015 ini dengan tahun 1980an. Di tahun 1980an harga tiket ke bioskop Cuma Rp. 100,-. Dengan uang 5000, jika satu bioskop berisi 50 kursi maka kamu bisa beli semua kursi atau bisa juga di pakai buat nonton 50 kali bolak-balik ke bioskop kalo kamu mau.

4. Cukup 5000 Rupiah Saja, Kamu Bisa Naik Angkot 50 Kali

metromini
Metromini via http://s30.photobucket.com/

Karena harga BBM yang hanya Rp. 150,- per liter pada saat itu. Tentunya harga angkot pun murah. Tarif datar angkot/ angkutan umum seperti Kopaja dan Metromini pada tahun 1980an hanya Rp. 100,- untuk pelajar dan Rp. 300,- untuk umum dan untuk satu kali naik. Dengan uang 5000 Rupiah saja, jika statusmu sebagai pelajar maka kamu bisa pakai untuk 50 kali naik angkot. Wuih!

5. Beli 2500 Permen? Cukup 5000 Rupiah Saja!

permen
Permen via http://bisnisukm.com/

Coba, berapa harga permen di warung terdekat mu saat ini? Paling-paling seribu Rupiah Cuma dapat 3 sampai 4 buah permen ya. Berarti dengan uang 5000 kamu hanya dapat 15 sampai 20 buah permen saja. Lalu berapa uang yang harus kamu keluarkan jika kamu ingin membeli 2500 permen? Yap, paling sedikit kamu harus merogoh kocek sebanyak Rp. 625.000,-.

Di tahun 1980an, dengan harga permen hanya Rp. 100,-/ Box. Jika 1 box berisi 50 buah permen. Maka uang 5000 mu cukup banget buat beli 2500 permen. Wow.

6. Cukup 5000 Rupiah Saja, Kamu Bisa Bawa Pulang 33 Liter Minyak Goreng

minyak goreng
Minyak Goreng via http://kingtoko.blogspot.co.id/

Mau goreng telor, ayam, tempe, tahu dan lain-lain kayaknya gak akan habis-habis deh kalo kamu punya 33 liter minyak goreng di rumah. Harga minyak di tahun 1980an hanya Rp. 150,- per liter. Yap, berarti dengan uang 5000 kamu bisa bawa pulang 33 liter lebih minyak goreng.

Ayo bandingkan dengan harga minyak goreng di tahun 2015 ini, harganya sudah naik menjadi Rp. 12.000,- per liter. Hmmm, berapa ribu persen tuh naiknya?

7. Cukup 5000 Rupiah Saja, Kamu Bisa Borong Gorengan Satu Gerobak

gorengan gerobak
Gorengan gerobak via https://nurulfadhilah30091.wordpress.com

Harga gorengan di tahun 2015 ini mungkin sekitar 500 – 1000 Rupiah per biji. Berarti dengan uang 5000 kamu hanya dapat 5 sampai 10 biji gorengan saja.

Kayaknya terlalu jauh kalo dibandingkan dengan tahun 1980an deh, harga gorengan Cuma 25 Perak! Coba hitung berapa biji gorengan yang kamu dapat dengan uang 5000 mu?

8. Ngekost di Jakarta Sebulan? Cukup 5000 Rupiah Saja

kost kost an
Kost kost an via http://kost2an.com/

Oh seandainya biaya sewa kost tahun 1980an tidak pernah berubah sampai sekarang. Mungkin kamu bisa bayar sewa kost sampai 10 tahun ke depan. Biaya sewa kost tahun 1980an hanya Rp. 5.000,- per bulan sob. Saat ini berapa paling murah di Jakarta? Dapet yang Rp. 500.000,- kayaknya udah paling murah ya.

9. Cukup 5000 Rupiah Saja, Kamu Bisa Borong Satu Gerobak Bubur Ayam

bubur ayam
Bubur ayam gerobak via https://greenmagenta.wordpress.com

Kamu bisa ngelakuin kegiatan yang anti-mainstream di pagi hari disaat orang-orang ngantri untuk  beli semangkuk dua mangkuk bubur ayam. Kamu beli satu gerobak!

Harga satu mangkok bubur ayam di tahun 1980an hanya Rp. 20,-. Uang 5000 mu dapat berapa mangkok? Yap, satu gerobak kayaknya baru cukup!

10. Cukup 5000 Rupiah Saja, Kamu Bisa Bawa Pulang 100 Buku Tulis

buku tulis
Buku tulis via http://www.grosiralattuliskantor.com/

Dengan harga buku di tahun 1980an yang cuma Rp. 50,- maka dengan uang 5000 Rupiah kamu bisa beli 100 buah buku tulis kan? So, ada yang punya mesin waktu?

Itulah 10 hal luar biasa di tahun 1980an yang bisa kamu beli hanya dengan uang 5000 dan gak mungkin bisa kamu beli sekarang. Meskipun begitu, sebenarnya memang tidak masuk akal kalau kita membandingkan harga di tahun 1980an dengan harga-harga di tahun ini karena berbagai faktor seperti inflasi, fluktuasi dan lain sebagainya. Tapi dengan itu kita juga bisa memperkirakan berapa ya harga-harga kebutuhan pokok dalam 20 sampai 30 tahun yang akan datang?

Jika kamu generasi 80an dan punya pengalaman tentang harga-harga di tahun 80an. Share ya!